Honda U-GO GT 2023, EM1 Sporty Pakai Cakram Belakang dan Bisa Connect Smartphone

Warungasep.net – Setelah memperkenalkan 3 motor listrik baru untuk model global Honda di tahun 2023, Wuyang Honda juga merilis produk skuter listrik khusus untuk pasar domestik mereka yang diberi nama Honda U-GO GT 2023. Bisa dibilang, molis baru ini merupakan kembaran Honda EM1 e: versi lokal China tapi hadir dengan desain yang lebih sporty, fitur lebih lengkap termasuk penggunaan rem cakram belakang dan juga lebih canggih karena bisa connect smartphone. Bagaimana harganya?

Di ajang IIMS 2023 kemarin, AHM memboyong motor listrik yang diberi nama Honda EM1 e:. Motor ini belum dijual, baru sebatas di perkenalkan untuk mengetes pasar di tanah air. Tapi, kesan motor ini terasa inferior jika melihat spek dan fiturnya. apalagi ada rumor jika motor ini akan dijual dengan harga sekitar Rp. 25 jutaan, waah… tentunya calon konsumen punya ekspektasi lebih tentang motor listrik pertama Honda yang akan mereka beli.

Sekarang kita coba bandingkan kedua produk skuter listrik tersebut. Perlu diketahui jika Honda basic Honda EM1 adalah Honda U-GO yang dimana sudah lebih dulu rilis di China pada tahun 2018 silam, dan baru tahun 2022 kemarin motor ini diboyong ke Eropa sebagai produk global dengan nama yang berbeda, yakni EM1 e:.

Keduanya menggunakan basic desain yang sama, termasuk mesin yang berada di hub roda belakang serta rangkanya dengan dek rata seperti skutik konvensional. Bedanya ada pada system charging dan model baterai, jika Honda U-GO versi standar menggunakan model fixed dengan direct charging, sedangkan Honda EM1 menggunakan model power package yang bisa ditukar dan diisi ulang di tempat pengisian khusus yang terintegrasi.

Tapi ada yang berbeda dengan Honda U-GO GT versi 2023 yang rilis di negeri Tiongkok, dimana skuter listrik ini menggunakan 2 buah baterai Lithium ion dengan kapasitas yang lebih besar yakni 5000W 96(V)/30(AH). Sehingga Honda U-GO GT diklaim mampu mencapai jarak 150 km dalam sekali ngecas(dengan kecepatan rata-rata 25 km per jam) dan topspeed mencapai 86 km per jam.

 

Tentu lebih baik dibanding EM1 yang hanya bertenaga 1200W dan topspeed 53 km per jam saja. Tak hanya itu, U-GO GT juga dijejali dengan fitur yang lebih lengkap. Sebut saja jika EM1 masih pakai kunci kontak mekanis biasa, U-GO GT sudah pakai smartkey system alais keyless.

 

Panel speedometernya pun lebih besar dan terkesan lebih futuristik dengan tampilan yang lebih lengkap, dan yang menarik U-GO GT lebih canggih dan modern karena bisa terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi cerdas Wi-Box yang dikembangkan sendiri oleh Wuyang-Honda. Waah, Honda AHM makin ketinggalan nih kalau gini, hehe…

Dari segi desain, U-GO GT lebih sporty dengan stripe grafis yang lebih sporty, bahkan ada yang berbeda dari penggunaan setang kemudi, jika EM1 pakai pakai cover batok sedangkan U-GO GT terlihat aura adventurenya pakai model stang telanjang ala motor sport, ya mirip dengan Honda Beat Street jika di Indonesia.

Dan yang menarik adalah penggunaan rem belakang cakram, sehingga lebih terkesan modern dan mewah aja. Berbeda dengan EM1 yang masih pakai rem teromol yang menyatu dengan hub penggerak roda belakang. Sedangkan fitur unggulan lainnya seperti double shock belakang, rem cakram depan, velg castwheel, lampu serba LED, bagasi luas dibawah jok masih dipertahankan.

Untuk harga Honda U-GO GT versi 2023 ini Pihak Wuyang Honda membanderolnya dengan harga ¥19.900 atau jika dikonversikan kedalam rupiah ya sekitar Rp. 44jutaan. Dan dijual dalam 2 pilihan warna diantaranya warna merah dan kuning.

Wah, lebih mahal tapi lebih lengkap dong ya fitur dan performanya… Tapi, bentar, emang lebih mahal dari apa? Semoga kepengen…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!