BMW R1300GS 2024 Resmi Dirilis, Selamat Tinggal “Lampu Picek” GS Series

Warungasep.net – Sesuai teaser yang diunggah sebelumnya, tepat tanggal 28 September kemarin BMW R1300GS 2024 resmi dirilis secara global. Varian tertinggi motor sport adventure dari pabrikan Bavaria Jerman ini hadir dengan perubahan radikal di semua bagian, dari mulai desain, fitur, teknologi dan juga performa mesinnya. Yang paling kentara adalah perubahan wajahnya yang didesain ulang menghilangkan “lampu picek” yang menjadi ciri khas keluarga GS seriesnya BMW.

Seperti layaknya Ducati Monster yang kehilangan rangka teralis, atau Harley Davidson yang menggunakan konfigurasi mesin inline twin di beberapa line up produknya, BMW sepertinya meninggalkan lampu asimetris yang biasanya menjadi identitas sang GS series selama dekade terakhir. Perubahan lampu tersebut sebenarnya sudah terlihat dari penggunaan lampu konvensional pada beberapa varian GS series sebelumnya seperti BMW F900GS juga BMW G310GS.

Jika semula menggunakan model lampu asimetris, kini berubah menggunakan model lampu projie yang terpisah ditengah dengan lampu tambahan DRL di sampingnya membentuk huruf “X”. Serta untuk varian tertingginya menggunakan lampu tambahan dibagian shroud. Yang masih dipertahankan mungkin model suspensi Evo Telelever-nya yang unik berada dibagian tengah, juga suspensi belakang Evo Paralever.

Tak hanya bagian lampu depan, perubahan radikal juga terdapat pada sasis, dimana motor ini kini menggunakan kombinasi rangka baja yang menggendong mesin dipadukan dengan subframe alumunium dibagian belakangnya, perubahan tersebut membuat motor ini telah melakukan costweight atau perngurangan berat hingga 12 kg dan juga lebih ramping dan proporsional.

Bahkan mesin motor ini juga benar-benar berubah. Dimana walaupun masih menggunakan konfigurasi mesin Boxer 2 silinder tapi kubikasi mesinnya berubah dari smeula 1250cc menjadi 1300cc. Bore x stroke-nya berubah dari semula 102,5 hingga 76 mm menjadi 106,5 hingga 73 mm. Sehingga power puncaknya meningkat menjadi 107 kw atau setara 145 Hp pada putaran7750 rpm  dan torsi maks 149 Nm pada 6.500 rpm. Perubahan juga terdapat pada gearbox 6 percepatan dimana sebelumnya ditempatkan dibelakang dan sekarang berada dibawah sehingga meningkatkan pusat gravitasi motor ini menjadi lebih baik.

Karena begitu kompetitifnya motor di segmen ini, BMW juga membenamkan beragam fitur canggih. Diantaranya Driving Assistant baru, yang terdiri dari Active Cruise Control (ACC), Forward Collision Warning (FCW) dan Lane Change Warning (SWW) fitur tersebut berfungsi berkat adanya tambahan radar dibagian depan dan belakang. Fitur tersebut sebelumnya sudah ada pada pesaingnya seperti Yamaha Tracer 9 juga Ducati Multristrada V4.

Motor adventure BMW ini juga kini sudah dilengkapi 4 mode riding diantaranya Rain, Road, Eco dan Enduro. Tak hanya itu, fitur canggih lainnya juga tersemat di motor ini diantarnya pelindung tangan dengan indikator LED terintegrasi, monitor tekanan ban RDC, kontrol torsi drag mesin MSR, cruise control DCC dengan fungsi pengereman, remote control sistem kunci, baterai lithium-ion dan smartphone kompartemen pengisian daya dengan USB dan soket 12 volt serta panel meter TFT warna yang bisa terkoneksi dengan smartphone sehingga bisa menampilkan Navigasi dll.

Terakhir, BMW R1300GS ini dijual dalam 4 varian, diantaranya tipe standar yang menggunakan velg cast wheel dan tipe lainnya yang refresentatif untuk diajak blusukan atau menjelajah ke medan yang lebih berat atau touring jarak jauh diantaranya Triple Black, GS Trophy, dan Option 719 Tramuntana.

BMW R1300GS 2024 STD
BMW R1300GS 2024 GS TROPHY
BMW R1300GS 2024 GS TRIPLE BLACK
BMW R1300GS 2024 GS OPTION 719 TRAMUNTANA

Sedangkan untuk harganya, BMW Jerman mengumumkan harga sebesar 19,100 Euro atau setara 312 jutaan. Wah kalau nyampe sini jadi berapa ya? Pasti banyak yang nunggu nih…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!