Skutik JDM Suzuki Burgman Street EX 125 2024 Rilis di Indonesia, Harganya Murah!

Warungasep.net – Suzuki Indonesia telah resmi merilis produk baru yang diberi nama Suzuki Burgman Street EX 125 2024. Maxi skutik yang merupakan produk JDM alias Jaipur Domestic Market ini didatangkan secara ekspor dari negeri Bollywood India. sehingga walaupun desainnya mengacu pada trend skutik kearifan lokal disana sehingga banderol harganya pun benar-benar terjangkau alias murah pakai banget. Penasaran? Yuk kita ulas…

Suzuki BURGMAN STREET 125EX merupakan facelift dari Burgman Street versi sebelumnya yang memulai debutnya tahun 2018 silam. Maxi skutik Suzuki ini menjadi salah satu produk global, karena bukan hanya dijual di India saja tapi juga diseluruh dunia termasuk Eropa.

Walaupun desainnya memang terlihat India banget, tapi untuk produk ini ternyata mendapat beberapa improvement, diantaranya ban belakang yang ditingkatkan dari sebelumnya hanya 10 inci menjadi 12 inch, terlihat sedikit lebih gambot namun memang jarak sumbu roda yang pendek, motor ini masih kurang terlihat proporsional karena bentuk bodinya yang super gambot dan gembung, khas skutik endemik India, hehe…

Fitur BURGMAN STREET 125EX 2024

Untuk itu,  kita harus ikhlas menerima dengan senang hati desainnya yang begitu adanya, tapi tentunya dengan produk ini pihak Suzuki memanjakan konsumennya dengan fitur-fitur modern, diantaranya lampu depan dan belakang yang sudah full LED, juga beberapa fitur unggulan lainnya diantaranya :

  • Kompartemen utilitas di bawah jok berkapasitas 21,5L menyediakan ruang yang nyaman untuk menyimpan tas belanja, perlengkapan hujan, atau barang lainnya.
  • Kompartemen depan sisi kiri dan saku bagian dalam dengan akses cepat di sisi kanan menawarkan penyimpanan yang nyaman untuk barang-barang kecil yang mungkin ingin Anda simpan di dekat Anda. Outlet USB 2A yang terletak di dalam kompartemen kiri juga memungkinkan charging Smartphone Anda saat berkendara.
  • Footboard yang proporsional memungkinkan eksibilitas dalam posisi kaki untuk mempertahankan posisi berkendara yang nyaman,
  • Dengan desain praktis dan kapasitas 21,5L, kompartemen utilitas di bawah jok. menyediakan ruang yang nyaman untuk menyimpan tas belanja, perlengkapan hujan, atau barang lainnya, serta melindunginya dari elemen.
  • Sepasang pengait yang kokoh memungkinkan Anda menggantung berbagai barang, termasuk tas belanja, di bagian depan. Pengait belakang dapat dikunci untuk mengamankan barang dengan lebih baik, dan dapat dilipat saat tidak digunakan.
  • Suzuki’s side stand interlock system mencegah mesin menyala saat side stand masih berada di bawah untuk melindungi Anda agar tidak gegabah menyalakan mesin.
  • Mengisi daya ponsel cerdas Anda saat bepergian dengan stopkontak USB 2A, yang terletak di dalam kompartemen depan sisi kiri, di atas baki tempat Anda dapat meletakkan ponsel.
  • LED biru yang menarik di sekeliling stopkontak akan tetap menyala selama kunci kontak dinyalakan, membuat stop kontak mudah ditemukan di malam hari atau dalam kondisi gelap lainnya.
  • Sistem kunci pencegah pencurian memungkinkan Anda mengakses lubang kunci kontak secara cepat dengan menggunakan mekanisme magnetik yang dikodekan ke kunci Anda, bahkan apabila Anda mengenakan sarung tangan. Dan shutter akan menutup kembali dengan menekan satu tombol saja. Ada juga fungsi praktis yang membuka jok dengan kunci yang masih berada di kunci kontak.
  • The full digital multifunction instrument panel untuk BURGMAN STREET 125EX menampilkan tata letak yang bersih dan intuitif menampilkan semua informasi yang Anda perlukan secara real time, dan layar LCD-nya yang ringkas menyala untuk memaksimalkan visibilitas, baik di siang maupun malam hari.
  • Suzuki Eco Drive Indicator* pada kluster instrumen menyala ketika skuter dikendarai dengan cara yang hemat bahan bakar, memberikan umpan balik instan yang dapat membantu Anda mempelajari teknik-teknik untuk memaksimalkan penghematan bahan bakar.
  • Eco Drive Indicator tidak secara otomatis meningkatkan penghematan bahan bakar, namun dapat membantu pengendara untuk memperbaiki efisiensi berkendara dan meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Sedangkan untuk spesifikasi mesinnya, BURGMAN STREET 125EX ini merupakan kendaraan roda dua Suzuki pertama yang mengadopsi teknologi mesin Suzuki Eco Performance Alpha (SEP-α) serta memiliki fitur Engine Auto Stop-Start (EASS) yang membantu mengurangi konsumsi bahan bakar. Selain itu, sepeda motor ini juga memiliki Silent Start System yang membuat Burgman Street 125EX memiliki starter yang lebih senyap.

Mengusung mesin 125cc SOHC berpendingin kipas angin, skutik buatan India ini memiliki power puncak diangka 6,3 kW pada 6.500 rpm dan torsi maksimum 10,0 N-m pada 5.500 rpm. Dan yang menarik, BURGMAN STREET 125EX ini memiliki konsumsi bahan bakar yang super irit yakni hanya 1,9L/100km (52,6km/L) dan emisi CO2 hanya 44g/km dalam pengujian mode WMTC dengan EASS. Lengkapnya lihat dibawah ini :

Spesifikasi sUZUKI BURGMAN STREET 125EX 2024

Engine type 4-stroke, 1-cylinder, air-cooled, SOHC
Bore × Stroke 52.5 mm X 57.4 mm
Engine displacement 124³ cm
Compression ratio 10.3 : 1
Fuel system Fuel injection
Starter system Electric + Kick
Overall length 1.875 mm
Overall width 700 mm
Overall height 1,140 mm
Wheelbase 1,290 mm
Ground clearance 160 mm
Seat height 780 mm
Curb mass 111 kg
Lubrication system Wet sump
Transmission CVT
Front suspension Telescopic, coil spring, oil damped
Rear suspension Swingarm type, coil spring, oil damped
Rake / Trail 26°40′ / 90 mm
Front brake Disc
Rear brake Drum
Front tire size 90/90-12 44J, tubeless
Rear tire size 100/80-12 56J, tubeless
Ignition system Electronic ignition (transistorized)
Fuel tank capacity 5.5 L (1.5 / 0.2 US / lmp gal)
Oil capacity (Overhaul) 700 mm

Pilihan warna dan harga Suzuki BURGMAN STREET 125EX 2024

Terakhir, pihak Suzuki Indonesia membanderol motor ini dengan harga Rp. 24.700.000 untuk harga on The Road Jakarta, untuk daerah lainnya tentunya akan menyesuaikan. Terlihat murah, tapi biasanya mereka selalu merubah haga baik itu menaikan atau menurunkan harga di kemudian hari, hehe…

Dan BURGMAN STREET 125EX versi 2024 ini dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya warna metallic matte bronze, metallica matte platinum silver dan metallic matte black.

Nah, kira-kira harga dan spek segitu cocoknya buat lawan apa ya? PCX dan NMax tentunya beda kelas, apa dengan Lexi dan Vario 125 nih kayaknya ya, hehe… Semoga berguna…

4 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!