Keeway V302N, Manifestasi Ducati Monster Dengan Mesin V-twin 298cc

Warungasep.net – Ducati Monster selalu diidentikan dengan motor naked bermesin 2 silinder V-twin dengan ciri khas rangka teralis saling silang yang ikonik. Yang dulunya mesin 2 silinder berubah jadi V4, Rangka teralis berganti jadi monokok, sehingga seiring perkembangan jaman ciri khas tersebut hilang. Namun sosok Ducati Monster yang ikonik tersebut kini dihadirkan kembali pada sepeda motor baru yang diberi nama Keeway V302N versi 2024, sebuah manifestasi Ducati Monster dengan mesin yang lebih kecil, namun dengan ciri khas yang klasik dan ikonik yang masih dipertahankan.

Keeway V302N ini pertama kali diperkenalkan pada ajang EICMA Milan 2023 November silam, dan rencananya motor ini akan mulai dipasarkan di Eropa di tahun 2024 ini. Buat yang belum tahu, Keeway merupakan nama pabrikan otomotif roda dua asal Hungaria, namun diakuisisi oleh pabrikan asal China, sehingga pabrikan ini satu induk dengan pabrikan Benelli dibawah bendera QianJiang atau yang kita kenal sebagai QJMotor.

Nah, karena kekuatan sumber daya pabrikan Tiongkok tersebut Keeway menjadi satu dari sekian banyak pabrikan motor baru yang mulai melakukan ekspansi ke berbagai negara di Eropa, bahkan ke Asia termasuk ke Indonesia. Disini, Keeway focus pada produk motor Cruiser seperti Benda V252, SCR250 dan skuter klasik Keeway Versilia dan Keeway Shinny 150.

Dan bagi Keeway tidak sulit untuk mewujudkan manifestasi sebuah motor naked berteralis dan bermesin V-twin, karena mereka menggunakan basic mesin V-twin dari Benda Chinchilla 300 yang berkubikasi mesin 298cc berpendingin cairan yang mampu mencapai power puncak diangka 29.5hp pada 8,500rpm dan torsi 26.5Nm pada 6,500rpm.

Bicara soal desain, berbeda dengan Chinchilla yang di Indonesia berubah nama jadi Keeway V252 yang mengusung konsep motor cruiser bobber, Keeway V302N ini menggunakan konsep motor street fighter namun masih memadukan nuansa motor classic yang terlihat dari desain serba bulat pada bagian headlight, stoplamp dan panel speedometernya, dengan fitur-fitur modern seperti suspensi upside down, shroud yang tajam dan kekar dan yang menambah jantan motor ini adalah desain dual knalpot dibagian samping yang dipadukan dengan single sided arm atau monoarm yang eksotis.

Untuk fiturnya, semua lampu sudah LED, panel meter full digital berbentuk bulat yang berpusat ditengah setang kemudi yang minimalis, suspensi upside down, shock belakang monoshok fully adjustable, kaliper rem radial dengan Antilock Braking System (ABS) dan juga assist and slipper clutch. Motor ini memiliki bobot 170 kg, tinggi jok 795mm dan ukuran ban 110/70 dibagian depan dan 150/60 di bagian belakang dengan velg 17 inci.

Untuk harganya belum di ketahui, kira-kira apakah Keeway Indonesia akan masukan motor ini ke tanah air? Jika iya, maka kubikasi mesinnya pasti akan disesuaikan, hmmm, apakah jadi 250cc? Pastinya bakal jadi manifestasi dari Honda VTR250 nih, hehe…

Sumber : Arenamotosikal.com

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!