Pakai Kartu NFC, QJMotor Fort 350 2022 Resmi Dirilis, Hadang Forza dan Xmax?

Warungasep.net – QJMotor merilis 5 produk baru sekaligus, akan saya bahas satu persatu kedepannya. Dan di artikel ini kita akan kenalan dengan salah satu produknya yang menarik yaitu QJMotor Fort 350 2022. Berambisi menjadi yang terbaik dikelasnya, tak hanya punya desain yang lebih keren yang bahkan tak hanya ingin mengungguli pesaingnya, tapi juga dijejali beragam macam fitur yang gak dimiliki lawan-lawannya.

QJMotor Fort 350 ini sudah muncul di pameran tahun lalu dalam bentuk prototype, dan hanya butuh waktu satu tahun untuk mereka memproduksinya secara masal. Motor ini memiliki desain sendiri, gak meniru prduk lainnya. Dual headlight dengan DRL LED juga lampu sein yang juga serba LED, lekukan serba tajam membuatnya tampil lebih sporty dan futuristik.

Menjadi yang hadir belakangan, tentunya QJMotor harus membelikan value lebih untuk bisa lebih kompetitif. Beberapa fitur unggulan maxi skutik pesaingnya, diadopsi dan dibenamkan di motor mereka ini, sebut saja motor ini punya electrict adjustable windscreen yang menjadi unggulan Honda Forza 350, kamera depan yang awalnya dipopulerkan oleh Dayang Vorei ADV350, kini tersedia di produk maxi skutik QJMotor ini. Bahkan jika kalian lihat bagian kaki-kakinya, kini tak hanya Yamaha XMAX 400 saja yang punya doubel front disc brake, karena FORT 350 juga kini punya fitur ala moge ini, lengkap dengan rem ABS-nya dan kaiper rem type radial dari Bybre.

Belum lagi panel speedometer TFT warna 7 inch yang tak hanya bisa terkoneksi dengan smartphone, tapi juga bisa menampilkan beragam macam sensor seperti sensor tekanan ban dan juga menampilkan navigasi dan beragam macam entertainment. Dan ada satu fitur yang gak dimiliki pesaingnya, yaitu konci kontak model smartkey tapi gak pakai remote, melainkan pakai kartu NFC. seperti ini penampakannya :

pict : Newmotor.com.cn

Untuk mengaktifkan motornya, penggunanya cukup menempelkan kartu pada bagian khusus selama tiga detik, namun sayangnya untuk menyalakan motor dan juga membuka kunci bagasi dibawah jok masih harus pakai kunci mekanis biasa. Memang ada kelebihan dan kekurangannya sih, hehe… Oh ya, fitur ini sebenarnya bukan yang pertama diterapkan pada sepeda motor, karena sebelumnya Suzuki Taiwan sudah mengadopsi inovasi seperti ini pada produk mereka yaitu skuter listrik Suzuki e-Ready Run . Wah, keren juga ya Suzuki bisa jadi pelopor. 😀

Untuk spek mesinnya, ternyata QJMotor tidak menggunakan platform mesin sendiri, melainkan pakai mesin yang sama seperti BMW C400X dan juga Voge SR4 Max, yakni mengusung mesin 350cc 1 silinder berpendingin cairan , powernya 25,2 kW atau sekitar 35 Ps pada 7.500 rpm, dan torsi maksimum sebesar 35,2 Nm pada 6.000 rpm. Motor ini punya bobot yang lebih ringan dari BMW yakni hanya 194 kg saja, kapasitas tangkinya lebih besar bisa muat 14 liter, tinggi jok-nya pun lebih ramah terhadap orang Asia yakni hanya 775 mm dan ukuran ban-nya gambot banget dengan ukuran 120/70-15 inch dibagian depan dan 150/60-14 inch untuk ukuran ban belakangnya dari merk Pirelli.

Terakhir, harga QJ Motor Fort 350 versi 2022 ini dibanderol 36,999 Yuan atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 80jutaan, wuiih lebih murah dari harga Forza 250 yang dijual di Indonesia dong ya, hehe… Jika ada yang tanya, apakah QJMotor menjual motornya di Indonesia? Jawabannya tentu saja tidak, atau mungkin juga belum. Tapi kebanyakan produk mereka direbadge oleh pabrikan lainnya, bahka salah satu produk QJMotor juga sudah hadir di Indonesia, tapi dibawah bendera pabrikan Italia Benelli yang memang sama-sama dibawah induk perusahaan Qian Jiang asal Tiongkok. Produknya adalah Benelli Panarea 125 yang merupakan rebranding dari QJMotor Portofino Jadi, kita kenalan dengan motor ini, siapa tahu nanti Benelli ikutan mendatangkan motor ini, hehe…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!