QJMOTOR GS400RR, Inikah Calon Sport Bike MV-Agusta Bermesin Kecil ?

Warungasep.net – Motor yang kita bahas ini belum rilis, baru sebatas didaftarkan petentnya saja. Tapi motor yang diduga bernama QJMotor GS400RR ini digadang-gadang bakal menjadi calon motor sport bike baru oleh pabrikan Italia, MV-Agusta. Benarkah? Yuk kita kasak-kusuk infonya.

Dari sini kita bisa lihat jika QJMotor benar-benar pabrikan yang lagi unjuk gigi, selama 2 tahun ini pabrikan yang bermarkas di Zhejiang Tiongkok ini sudah memproduksi dan merilis banyak produk dari mulai mocil, skutik hingga motor sport dari mulai bermesin 1 silinder, 2 silinder V twin maupun inline twin bahkan 4 silinder, mereka punya. Jadi bukan hal sulit untuk mereka masuk ke segela segmen.

Nah, motor yang kita bahas ini akan menjadi produk baru di segmen motor sport fairing di kelas 400cc. Buat yang belum tahu, QJMotor saat ini punya 3 produk bergenre sport bike, pertama ada QJMotor R250 bermesin 1 silinder, lalu ada QJMotor R350 bermesin 2 silinder dan QJMotor SRG600 bermesin 4 silinder, dan QJMotor GS400RR ini menurut data yang terkuak akan mengusung mesin 400cc 2 silinder.

Basic desain motor ini sama seperti QJMotor R350, hadir dengan dual headlight LED, Fairing yang aerodinamis dan juga kaki-kaki yang mogelook dengan suspensi upside down. Perbedaanya, sepertinya motor ini memiliki spek mesin yang lebih powerfull, maka tak heran jika motor ini punya label “RR” dibelakangnya.

Dari data yang terkuak, motor ini akan memiliki 399cc 2 silinder dengan kode produk QJ270MQ, kode tersebut bukan menunjukan angka kubikasi melainkan berarti 2 berarti 2 silinder, dan 70 berarti motor ini akan memiliki bore berukuran 70 mm, strokenya sepertinya akan lebih pendek. Ini juga berarti jika profile mesin QJMotor ini mirip dengan yang dimiliki oleh Kawasaki Ninja 400. Bakal head to head nih nantinya, hehe…

Untuk membuatnya berbeda dengan adiknya si R350, QJMotor 400RR punya perbedaan di sektor kaki-kaki dimana motor ini pakai model single sided arm, model yang sama digunakan pesaingnya seperti Colove 321RR dan juga FKM 3GP. Apalagi kedepannya CFMoto akan punya motor baru yang diduga akan memiliki mesin 450cc 2 silinder (Baca ; CFMoto SR-21, ) yang menjadi alasan kuat motor ini muncul untuk meramaikan pasar sport bike dikelas menengah.

Lalu, kenapa motor ini digadang-gadang sebagai mocil-nya MV Agusta? Nah disinilah yang menarik… dengan kekuatan sumber daya, QJMotor banyak melalukan kerjasama dengan pabrikan raksasa lainnya, tercatat Harley Davidson akan menggunakan salah satu platform mesin mereka untuk varian 350cc Harley Davidson, kemudian Benelli… wajar saja karena Benelli kini menjadi anak perusahaan Qianjiang, sehingga baik QJMotor maupun Benelli, mereka sama-sama berbagi produk untuk dipasarkan secara global salah satunya QJmotor Portofino yang direbadge menjadi Benelli Panarea yang juga dijual di Indonesia.

Dan MV-Agusta juga tercatat melakukan kerjasama dengan QJMotor, kabarnya  akan melakukan pengembangan mesin 1000cc untuk produk QJMotor dan sebagai gantinya, MV-Agusta juga menggunakan produk QJMotor untuk produk baru mereka, salah satunya yang kemarin rilis di EICMA yaitu MV-Agusta Lucky Explorer.

Baca : MV Agusta Lucky Explorer, 2 Moge Adventure Desain Italia, Mesin China, Meniru Jepang ?

Buat yang belum tahu, MV-agusta punya produk baru yang dimana motor baru mereka menggunakan basic mesin dari QJMotor SRT500 yang diupgrade menjadi motor adventure bermesin 550cc dengan label dan lisensi MV-agusta. gokil bukan? Motor se-hedon MV pakai mesin mocin? hehe…

Naah, disinilah muncul berbagai macam spekulasi, seperti yang dimuat oleh media Inggris Bennets.co.uk mereka membahas tentang QJMotor GS400RR ini akan berpotensi menjadi produk mocilnya pabrikan Italia, baik itu mungkin Benelli atau juga MV-agusta kedepannya.

Misal nantinya akan ada MV-Agusta F2 gitu mungkin, atau Benelli Tornado 400? Entahlah kita akan buktikan nanti. Tentunya dari foto yang terkuak diatas sudah membuktikan jika pabrikan China sekarang sudah unjuk gigi menjadi produk global yang bisa kompetitif baik itu dengan pabrikan Eropa maupun Jepang.

Sumber foto : Vanhoe Rage
Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

3 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!