Ini Dia Tips Mudik Lebaran Pakai Bus Yang Aman dan Nyaman

Warungasep.net – Sebagai Blogger Otomotif, rasanya saya sedikit berbeda dengan Blogger Otomoti lainnya. Karena saya berdomisili di daerah lebih tepatnya di Tasikmalaya Jawabarat, maka ketika ada event launching motor baru dan sebagainya di Ibu Kota Jakarta, saya harus melakukan perjalanan yang cukup jauh. Ya bisa dibilang perjalanan saya sekitar 300 km-an lah untuk sekali perjalanan.

Untuk sarana transportasi saya selalu memilih untuk menggunakan armada Bus, ini salah satu favorit saya ketimbang Kereta atau pesawat. Alasannya karena ongkosnya lebih murah, bisa berangkat kapan saja gak tergantung jadwal dan juga terkadang lebih cepat dalam catatan kondisi jalan tidak mengalami kemacetan, hehe…

Nah, apalagi sebentar lagi kita akan menghadapi hari raya Lebaran nih pemirsa. Jika ada Lebaran maka terkait dengan sebuah tradisi mudik dimana pemirsa yang tinggal atau merantau ke kota akan pulang ke kampung halaman untuk menemui sanak saudara untuk bersilaturahmi.

Pemilihan apa yang akan kita gunakan untuk mudik tentu bermacam-macam, pemirsa mungkin ada yang memilih sepeda motor, bisa juga pakai kendaraan mobil pribadi, pake Bus, pake Kereta atau mungkin jika pemirsa ingin melakukan perjalanan yang cepat, simple dan juga tepat waktu maka pemirsa bisa menggunakan armada pesawat terbang, caranya bisa dengan memesan tiket Lion Air dengan mudah dan terjangkau melalui sebuah aplikasi yang pemirsa bisa pesan melalui gadget, salah satuna menggunakan aplikasi Traveloka.

Tapi, jika pemirsa sama dengan saya sebagai Bus Mania, berikut ini akan saya berikan Tips Mudik menggunakan Bus Untuk mudik, diantaranya sbb :

1. Hindari calo, beli tiket resmi

Pastikan pemirsa membeli tiket di pool resmi bus atau di aplikasi online seperti Traveloka yang telah teruji kredibilitasnya. Selain menghindari calo, membeli tiket resmi juga memberikan rasa aman karena pemirsa telah mengetahui reputasi armada bus yang ingin kita naiki. Biasanya harga tiket bus saat mudik akan lebih mahal, namun itu lebih baik daripada membeli harga murah tapi jiwa Anda taruhannya.

2. Ketahui rute perjalanan

Berpergian mudik menggunakan bus pemirsa harus mengetahui rute perjalanan dan di mana harus turun. Bila perlu, katakan pada kondektur dimana Anda turun agar dia membantu mengingatkan. Terlebih jika Anda tidak turun di tujuan akhir bus. Jangan sampai kelewatan tempat Anda turun karena ketiduran, ya.

3. Bawa barang seperlunya

Membawa barang secara belebihan saat menaiki bus memang tidak ada aturan resminya. Namun, bila membawa barang secara berlebihan tentu sangat merepotkan Anda dan penumpang lainnya. Barang Anda bisa memakan tempat orang lain dan membuat bus penuh sesak. Belum lagi tingkat kewaspadaan akan menurun dan rawan akan aksi pencurian. Ada baiknya batasi bawaan dua tas besar dengan satu tas kecil yang bisa dibawa ke mana-mana.

4. Persiapkan Obat-obatan pribadi

Momen Anda sakit atau cidera bisa datang kapan dan di manapun terlebih bila mempunyai riwayat penyakit pribadi. Anda harus menyiapkan obat-obatan seperti obat flu, batuk, pusing hingga obat pribadi Anda menurut resep dokter. Persiapkan dengan baik karena bila tidak akan merepotkan orang sekitar Anda.

5. Bawa pakaian yang tepat

Saat pada siang hari, suhu bus bisa terasa panas. Namun pada malam hari kemungkinan udara menjadi dingin cukup besar terlebih bila mendapat terjangan udara AC. Untuk menyiasatinya, siapkan baju hangat seperti jaket, atau sweater untuk menjaga tubuh tetap hangat. Bila disiang hari, Anda cukup memakai kaos dengan bahan yang tipis untuk menghindari kepanasan.

6. Powerbank Smartphone dalam keadaan penuh

Smartphone salah satu alat utama untuk membunuh rasa bosan sepanjang perjalanan. Anda bisa mendengarkan musik, menonton film hingga bermain game kesayangan di layar ponsel seluler Anda. Tapi bagaimana kalau baterainya habis? Untuk berjaga-jaga, sebaiknya siapkan powerbank dengan baterai penuh. Beberapa bus memang menyediakan colokan listrik, tapi tak ada salahnya mempersiapkan diri daripada menyesal.

7. Siapkan asupan makanan

Bawa perbekalan Anda seperti makanan secara lengkap. Untuk menghilangkan rasa bosan, mengunyah camilan atau makanan merupakan sarana yang efektif untuk melepas rasa stres. Selain itu, menggunakan bus untuk mudik pasti melalui jalan tol dan jarang berhenti, sehingga akan sulit untuk jajan. Namun jangan lupa untuk selalu bawa minuman, makanan atau jajanan yang sehat ya.

8. Bawa barang berharga ke dalam tas kecil

Semua barang berharga sebaiknya Anda simpan di dalam tas kecil yang mudah dibawa kemana-mana. Barang berharga seperti smmartphone, dompet hingga perhiasan tak akan lepas dari pantauan Anda. Sangat tidak disarankan menyimpan barang berharga di dalam koper di bagasi. Selain itu, selalu membawa barang berharga selama di dalam bus atau tempat keramaian termasuk saat ke toilet ataupun beristirahat sejenak ketika bus menepi.

9. Persiapkan uang kecil

Bila Anda ingin menambah asupan makanan atau sekedar membayar setelah menggunakan toilet di rest area, Anda bisa memakai uang kecil yang sudah disiapkan di selipan tas atau kantung celana. Uang kecil juga berguna untuk membayar pengamen dadakan yang masuk ke dalam bus.

Semoga Tips Mudik Lebaran aman dan nyaman diatas bisa berguna buat pemirsa dan bisa menempuh perjalanan dan selamat hingga ke tempat tujuan, aamiin..

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep. < a

Komen Gratis !