Muncul Gambar Patent Honda Forza VTEC, Buat Lawan Maxi Skutik VVA Yamaha?

Warungasep.net – Bulan lalu saya sempat bahas tentang berita pabrikan Honda yang kedapatan mendaftarkan desain patent motor sport fairing yang menggunakan teknologi Variable Valve Honda yaitu VTEC atau Variable Valve Timing & Lift Electronic Control. Motor yang diduga akan menggunakan teknologi tersebut adalah Honda CBR1000RR (Baca : Jika Yamaha Punya R15 VVA, Honda Juga Akan Punya CBR VTEC…!!! ). Dan ternyata teknologi VTEC Honda ini sepertinya tak hanya akan diaplikasikan di motor sport tapi motor skutik juga tak mau ketinggalan pakai teknologi ini. Karena baru-baru ini ada info terbaru dari Jepang jika ternyata Honda sudah mendaftaran desain patent motor maxi skutik yang akan memiliki mesin dengan teknologi VTEC.

Bahkan media Jepang dengan gamblang menyebutkan, motor skutik yang akan pakai VTEC ini adalah Honda Forza series yaitu Forza 250/300cc. Untuk melihat lebih detail bagaimana mekanisme penggerak katup elektronic VTEC pada skutik Hoda Forza tersebut pemirsa bisa lihat gambarnya dibawah ini :

Wah, apakah teknologi VTEC Honda ini hadir guna melawan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang sukses digunakan Yamaha pada varian sport(Yamaha R15, Vixion R, MT15) dan skutiknya(Nmax, Lexi, Aerox) ya? Bisa jadi nih pemirsa, tapi yang jelas sih karena tuntutan regulasi emisi gas buang yang semakin ketat terutama di Eropa yang mengharuskan sepeda motor baru sudah Euro-5. Dan guna mendukung regulasi tersebut, maka untuk membuatnya semakin efisien digunakanlah mekanisme variable valve juga untuk mengejar performa motor.

Yang menarik adalah desain patent body motor yang duga adalah Honda Forza yang akan pakai teknologi VTEC ini kok agak asing ya? Kok Honda Forza tapi desain bodynya mirip Yamaha Nmax? Hmmm, apakah mungkin ini desain patent Nmax? Saya pun rasanya pernah lihat desain body motor seperti ini, kok mirip produk skutik Taiwan SYM Citycom 300cc ya? Coba bandingkan :

Mirip dengan ini :

Untuk lebih lengkapnya baca : SYM CitycomS dan Citycom 300cc

Wah, jangan-jangan yang punya desain patent tersebut bukan Honda? Kalo menurut pemirsa gimana? Monggo komentarnya..

Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

Advertisements

Be the first to comment

Tulis Komentar anda dibawah ini, Maaf jika tidak terbalas, silakan hubungi kontak fanspage.. Thanks!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.