Yamaha EZ115 2023, Inilah “Downgrade” Jupiter Z1 di Malaysia

Warungasep.net – Hong Leong Yamaha Malaysia (HLYM) yang merupakan ATPM Yamaha untuk negara Malaysia kemarin merilis produk baru yang diberi nama Yamaha EZ115 2023. Motor kapcai atau yang kita kenal dengan motor cub atau bebek ini diklaim sebagai pengganti Yamaha Lagenda 115 yang merupakan kembaran dari Jupiter Z1, Tapi entah kenapa kok penggantinya ini malah downgrade baik dari segi spek dan terutama desain. Apakah benar? Yuk kita ungkap lebih detail.

Buat yang belum tahu, desain Yamaha EZ115 ini bukanlah produk baru, karena desain ini identik dengan produk yang sudah lebih dulu rilis di Vietnam dengan nama berbeda yakni Yamaha Sirius FI 2022. Dan motor tersebut merupakan kembaran daripada Yamaha Vega Force yang ada di Indonesia yang tentunya dengan beberapa perbedaan, diantaranya yang paling kentara adalah model headlight dan juga bentuk front cowl serta posisi lampu sein.

Dimana Yamaha Sirius Vietnam atau EZ155, memiliki desain headlamp yang memiliki detail yang berbeda, ada semacam bentuk kuping di sudut atas headlamp. Sedangkan untuk bagian lainnya hampir mirip dengan Yamaha Vega Force yang ada di Indonesia, terkecuali mungkin posisi lampu sein belakang karena punya regulasi sendiri yang menyebabkan posisinya terpisah dengan lampu rem.

Bagaimana dengan mesinnya? Ini yang bisa dibilang paling downgrade. Dimana jika Lagenda 115 atau kembaran Yamaha Jupiter Z1, walaupun sama-sama memiliki kubikasi 115cc 1 silinder SOHC, tapi memiliki tenaga maksimum diangka 9,8 Nm, sedangkan EZ115 power maksimumnya hanya 8.58hp pada 7,000rpm dan torsi 9.5Nm pada 5,500rpm, ya walaupun memang motor ini sudah patuh regulasi emisi gas buang terbaru Euro-5.

Untuk fiturnya, Lagenda 115 aka Jupiter Z1 memiliki dual headlight yang lebih sporty, tapi EZ115 downgrade menjadi satu lampu depan, itupun masih halogen, hehe… Panel speedometer masih analog, tapi ketambahan fitur lampu ECO indikator dan juga indikator baterai. Rem belakang masih teromol dan tentunya kapasitas tangki masih kecil hany 3,9 liter saja.

Untuk harga Yamaha EZ115 2023 ini pihak Hong Leong Yamaha Malaysia (HLMY) membanderolnya dengan harga RM. 5,598 atau jika dikonversikan kedalam rupiah setara dengan harga Rp. 19,5 jutaan. Dan dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya warna biru, merah dan satu lagi warna tosca atau cyan yang merupakan trend baru warna Yamaha.

Terakhir, kenapa pihak Yamaha Malaysia mendowngrade Jupiter Z1 menjadi selevel Vega Force yang sekarang jadi nama EZ115, kemungkinan karena Yamaha di Malaysia sudah terlalu banyak varian kapcai atau motor bebek, dan bisa dibilang paling lengkap. Bahkan untuk versi tertingginya mereka punya 2varian yakni Yamaha Y16ZR dan Y15ZR yang dijual bersamaan.

Dan ada kemungkinan karena posisi di segmen motor bebek di kelas menengah sekarang ditempati Yamaha 135LC Fi yang mendapat update tahun lalu, dan EZ115 kini masuk ke kelas entry level alias paling bawah sekaligus paling murah di line up produk Kapcai di Malaysia dimana sepertinya Lagenda 115 akan discontinue, CMIIW ya hmmm bagaimana dengan nasib Jupiter Z1 di tanah air ya?

FYI, Yamaha sudah mendaftarkan Yamaha Sirius FI atau juga EZ115 ini di Indonesia beberapa waktu lalu,

baca : Bocoran Yamaha Vega Facelift, Mirip Yamaha Sirius FI ?

Wah, apa mungkin Jupiter Z1 di tanah air juga akan digantikan dengan model ini?

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

  1. Wah lamun bener Yamaha rek ngagentos Jupiter kanu model kieu asa teu ridho mang, ieu mah pantes na jadi The next vega zr tinu rupa na mah Hehehe

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!