Kawasaki Siapkan ZX-4R, Ninja 400c 4 Silinder ?

Kawasaki ZX-4R (Illustrasi Young-Machine)

Warungasep.net – Kawasaki ZX-25R adalah motor yang cukup fenomenal dimana motor sport ini menggunakan mesin 250cc 4 silinder di era modern. Nah, karena sepertinya main banyak peminat ada gosip yang mengatakan jika Kawasaki tengah mempersiapkan Kawasaki ZX-4R yang merupakan Ninja 400cc bermesin 4 silinder. Lalu kapan rilisnya?

Info ini berdasarkan postingan dari media asal Jepang Young-Machin (Baca sumbernya di : https://young-machine.com/2021/05/15/177855/ ), bermula ada indikasi jika model Supersport Kawasaki ZX-6R akan segera berakhir menyusul rivalnya seperti CBR600RR dan juga Yamaha R6. Itu karena untuk pasar global, terutama untuk kawasan Eropa semua model harus patuh regulasi Euro-5, sedangkan ZX-6R edisi terakhir versi Euro-4 kabarnya adalah sampai tahun 2021.

Nah, kemudian munculan spekulasi jika Kawasaki tengah mempersiapkan model lain untuk kelas supersport. Alih-alih Yamaha yang mengeluarkan YZF-R7 dan Aprilia dengan RS660 yang malah pakai mesin 2 silinder, Kawasaki justru mengambil langkah pengembangan mesin 4 silinder untuk motor sport baru mereka ini.

Ada indikasi juga  jika ZX4R merupakan pengembangan lanjutan dari ZX-25R ada juga yang menyebut jika mesinnya menggunakan basic ZX-6R tapi dengan kubikasi mesin yang lebih kecil. Namun yang lebih masuk akal adalah karena Kawasaki menggunakan mesin 400cc untuk model global sebut saja Kawasaki Ninja 400 versi 2 silinder dan Ninja 250 2 silinder untuk pasar Asia.

Maka, ada kemungkinan ZX4R atau apalah namanya nanti, jika benar, maka akan jadi proyek ambisius Kawasaki untuk menguasai pasar motor sport dengan mengeluarkan dua platform mesin sekaligus untuk produk mereka, Ninja 400 inline twin dan Ninja 400 inline four aka ZX4R semata-mata untuk menguasai pasar motor sport di kelas menengah di pasar Global, Gokil…

Lalu bagaimana dengan desain ZX4R nantinya? Yang jelas sih karena info ini masih belum resmi jadi belum banyak yang terungkap, dari media Jepang lainnya ada yang memberikan bocoran jika desain motor Ninja 400 4 silinder ini akan menggunakan basic ZX25R namun dengan perbedaan seperti penggunaan double front disc brake, seperti yang kita tahu jika ZX25R ini punya dua lubang sisi kanan kiri untuk piringan cakram depan, kemudian ada indikasi akan menggunakan model speedometer TFT seperti Moge Ninja series lainnya. FYI ZX25R masih pakai panel speedo jadul. Dan ada satu lagi bocoran jika power yang ditawarkan motor ini kemungkinan bisa lebih dari 60 Hp.

Nah, yang menarik menurut saya kenapa di Jepang sana muncul rumor tentang ZX4R, itu karena sebelumnya ada rumor juga dari kubu Honda jika mereka juga tengah mempersiapkan motor sport fairing 400cc 4 silinder. Buat yang belum tahu simak di artikel saya sebelumnya :

Baca : Penyelidikan Tentang Honda CBR400RR 4 Silinder

Tapi, baik itu ZX4R mapun itu CBR400RR atau apaun itu nantinya baru sebatas rumor yang beredar di media luar. Lagian, meskipun produk-produk tersebut memang beneran rilis, kita sebagai warga Indonesia jangan terlalu senang, toh motor 400cc sepertinya gak akan masuk kesini, hehe… kena pajak PPNBM ditambah power yang nanggung juga pastinya bandrolnya akan setara moge beneran, jadi mending nikmati yang ada saja, secara ekslusif ZX25R sebenarnya sudah layak dimiliki oleh konsumen Indonesia, selain harganya lebih murah diantara jajaran motor sport 4 silinder juga karena karena memiliki nilai prestis karena memegang title sebagai motor 250cc terkencang.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Kawasaki ZX4R 4 Silinder Bakal Rilis di Indonesia? - WARUNGASEP ★★★☆☆

Komen Gratis !