Aprilia SR GT 200 Rilis di Indonesia, Harganya 2 Kali Lipat ADV160 ?

Warungasep.net – Bisa dibilang ADV160 melenggang sendirian di segmen maxi skutik adventure di Indonesia hingga akhirnya pabrikan Italia datang dengan produk baru Aprilia SR GT 200 2022 yang resmi dirilis di Indonesia hari ini, Sabtu (16/7) di Jakarta. Nah, apa saja sih keunggulan motor ini? Dan apakah benar bisa dibilang sebagai lawan head to head-nya ADV160?

Bicara soal desainnya, Aprilia SR GT 200 ini punya bentuk yang unik, malah menurut saya kesan adventurenya itu gak ada, cenderung elegan dan futuristik khas skutik Eropa, bentuk bodynya gak karuan sih, tajem-tajem tapi serba melengkung, kesan adventurenya mungkin dilihat dari postur jangkung, stang yang tinggi dan ergonomis juga ban semi dual purpose, windshield tinggi, tanpa spakbor belakang diganti dengan mudguard.

Tapi yang membuat motor ini unik adalah desain headlampnya yang mengadopsi desain lampu depan Superbike Aprilia RSV4 yang juga digunakan oleh semua line up motor sport asal Italia, Aprilia RS series (Aprilia RS660, Aprilia RS125) yaitu desain triple headlight yang khas yang terlihat futuristik dengan lampu LED dan desain body depan double layer yang terlihat sporty dan aerodinamis.

Yang diunggulkan dari motor ini ada pada segi fitur, selain lampu serba LED, skutik adventure Aprilia ini memiliki panel speedometer full digital yang bisa terkoneksi dengan smartphone dengan aplikasi MIA, punya idling stop yang mereka namai RISS (Regulator Inverter Start & Stop System), USB socket charger, bagasi 25 liter dan rem ABS single channel.

Untuk spek mesinnya, sebenarnya Aprilia SR GT ini punya varian 125cc, tapi sepertinya khsusu untuk pasar Eropa, karena untuk pasar Global dan negara-negara di Asean termasuk di Indonesia hanya menjual varian 200cc-nya, tepatnya sih memiliki spesifikasi mesin 174cc yang menghasilkan 17,43 hp pada 8.500rpm dan torsi 16,5Nm pada 7.000rpm. Motor ini memiliki bobot yang sedikit lebih berat yakni 148 kg. kapasitas tanki yang muat lebih banyak mencapai 9 liter BBM.

Apakah bisa motor ini dijadikan rival Honda ADV160? Dari kelas spesifikasi mesinnya sih motor ini lebih tinggi ya, tapi dari segi desain dan fitur malah justru memiliki kemiripan, sebut saja ABS-nya yang single channel, suspensi belakang ganda, windshieldnya yang tinggi, posisi lampu sein depan yang berada terpisah disamping body dan juga ukuran ban asimetris antara ban depan 110/80-14 inch dan 130/70-13 inch dibagian belakang.

Tapi jika bicara soal harga, Aprilia SR GT ini bisa dibilang 2 kali lipat lawannya Honda ADV160. Pihak Piaggio Indonesia menjualnya dalam 2 tipe, dan terbagi dalam 6 pilihan warna diantaranya kalian bisa lihat dibawah ini :

Aprilia SR GT 200 2022 tipe standar

  • Harga : Rp. 60.000.000 OTR Jakarta

Aprilia Black
Infinity Blue
Street Grey

Aprilia SRGT tipe standar ini hadir dengan dua tone warna yang tampil minimalis tanpa stripe grafis, namun masih memiliki aura sporty yang kuat dengan ciri khas velg depan berwarna hitam dan punya 3 pilihan warna diantaranya warna hitam, abu-abu dan yang unik adalah warna biru doff atau matte blue yang mereka beri nama Infinity Blue.

Aprilia SR GT 2022 2022 tipe Sport

  • Harga : Rp. 61.500.000 OTR Jakarta
Iridium Grey
Street Gold
Red Raceway

Sedangkan untuk tipe sport memiliki aura balap yang kuat dengan livery dengan log “a” khas Aprilia, hadi dengan 3 pilihan warna diantaranya warna merah, abu-abu dan satu lagi warna gold yang jika dilihat di gambar 2 dimensi sih seperti warna kuning yang unik, hehe… Untuk tipe ini punya perbedaan warna velg yang dibalut warna merah menyala, semoga kepengen…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!