Moge Baru Yamaha MT09 Rilis di Indonesia, Harga Rp. 290 Jutaan

Warungasep.net – Yamaha Indonesia merilis dua varian Moge baru sekaligus, antara lain Yamaha MT-07 dan satu lagi moge yang paling ganteng dari pabrikan berlogo garpu tala yaitu Yamaha MT09 2020. Seperti ini penampakannya :

Yamaha MT09 Rilis di Indonesia

Yamaha MT09 yang hadir di Indonesia ini merupakan versi facelift dari moge serupa yang pernah rilis di tahun 2016 lalu. Hadir dengan wajah baru yang lebih sangar dengan dual headlight LED, fitur baru yang lebih canggih tapi masih mempertahankan desain lawas yang sporty dan futuristik.

Moge Yamaha ini memang fotogenik, walaupun moge tapi punya dimensi yang terlihat seksi dan ramping, desainnya sporty dengan garis tepian body yang tajam. Yang paling khas ada pada bagian shroud yang kekar dengan lubang air scoop yang juga menjadi inspirasi desain sang adik yaitu Yamaha MT-15. Desain rangkanya unik dengan model twinspar yang menggendong mesin 3 silinder.

Yupz, Yamaha MT-09 ini memiliki konfigurasi mesin 3 silinder inline DOHC berpendingin cairan. Mengusung teknologi yang bernama crossplane crankshaft yaitu teknologi crankshaft Yamaha yang mengadopsi teknologi dari YZR-M1 (Yamaha MotoGP). Konstruksi crossplane pada MT-09 adalah jarak crank pin 120 derajat yang membuat interval pembakaran di dalam mesin menjadi lebih dekat sehingga mengeliminir daya inersia yaitu daya yang terjadi setelah pembakaran sehingga torsi pembakaran dan torsi kombinasi (torsi yang diteruskan ke roda belakang) menjadi linear. Power yang selaras putaran throttle menghasilkan performa dan akselerasi maksimal.

Untuk spesifikasinya, motor pesaing Kawasaki Z900 dan BMW F 900 R ini memiliki kubikasi mesin 847 cc, 3-cylinder crossplane engine… Power puncaknya berada diangka 84.6kW (115PS) @ 10,000 rpm dan karena moge naked ini mengusung nama besar Master of Torque, maka untuk torsinya tinggi juga hingga 87.5Nm (8.9kg-m) @ 8,500 rpm. Motor naked 3 slinder ni memiliki bobot 193 kg, kapasitas tanki BBM 14 liter dan tinggi jok yang lumayan rendah yakni 820 mm. Untuk lebih lengkapnya lihat dibawah ini :

Spesifikasi Yamaha MT09 2020

Mesin
TIPE MESIN Liquid cooled, 4-stroke, DOHC, 12 Valves
SUSUNAN SILINDER 3-Cylinder dan In-Line
DIAMETER X LANGKAH 78 x 59,1 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI 11,5 : 1
VOLUME SILINDER 847 cc
DAYA MAKSIMUM 115 PS (84,6 kW) / 10000 rpm
TORSI MAKSIMUM 87,5 Nm / 8500 rpm
SISTEM STARTER Starter Elektrik
SISTEM PELUMASAN Wet-Sump
KAPASITAS OLI MESIN 3.4 Liter
SISTEM BAHAN BAKAR Fuel Injection
TIPE KOPLING Multi Wet Clutch, Assist And Slipper Clutch
TIPE TRANSMISI Manual, 6 Speed
Dimensi
P X L X T 2075 x 815 x 1120 mm
JARAK SUMBU RODA 1440 mm
JARAK TERENDAH KE TANAH 135 mm
TINGGI TEMPAT DUDUK 820 mm
BERAT ISI 193 Kg
KAPASITAS TANGKI BENSIN 14 Liter
Rangka
TIPE RANGKA Diamond
SUSPENSI DEPAN Telescopic (Inverted)
SUSPENSI BELAKANG Swing Arm
BAN DEPAN 120/70 ZR17M/C (58W)
BAN BELAKANG 180/55 ZR17M/C (73W)
REM DEPAN Double Disc
REM BELAKANG Single Disc
Kelistrikan
SISTEM PENGAPIAN TCI
TIPE BATTERY YTZ10S
TIPE BUSI CPR9EA-9

Bagaimana dengan fiturnya? Yamaha MT-09 ini merupakan Moge teranyar dari Yamaha, mendapat peningkatan fitur dibanding versi sebelumnya, diantaranya sbb :

Fitur Yamaha MT09

  • D-Mode

Fitur D-Mode pada MT-09 memberikan keleluasaan kepada pengendara untuk memilih karakter performa mesin optimal yang diinginkan. Tersedia tiga mode berkendara yang terletak pada satu tombol di stang kanan yaitu Mode Standard yang sesuai untuk berbagai kondisi jalan, Mode A untuk mendapatkan respon mesin yang lebih sporty/cepat pada rpm rendah sampai medium dibandingkan Mode Standard, dan Mode B untuk respon yang lebih lembut dibandingkan Mode Standard.

  • YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle)

Sistem kontrol throttle (fly by wire) pada MT-09 dengan YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle) yang berfungsi mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin lebih presisi atau sesuai kebutuhan agar performa maksimal.

  • Quick Shift System (QSS)

Untuk mendukung akselerasi lebih cepat pada MT-09 disematkan QSS agar perpindahan gigi (shifting-up) lebih mudah dan cepat tanpa perlu mengoperasikan tuas kopling.

  • Assist & Slipper Clutch

MT-09 juga sudah dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch. Fitur Assist membuat pengoperasian kopling sangat ringan sehingga pengendara semakin nyaman ketika mengoperasikan kopling. Sedangkan Slipper Clutch berfungsi untuk mencegah torsi balik ke mesin dari roda belakang saat deselerasi (perlambatan kecepatan). Fitur Assist & Slipper Clutch juga membuat pengendara lebih percaya diri saat melakukan down shift (menurunkan gigi) secara cepat saat memasuki tikungan.

  • Traction Control System (TCS)

Sistem yang dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi, yang terdapat pada MT-09.

  • Antilock Braking System

Daya rem maksimal dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System) pada MT-09 dan MT-07 membuat motor semakin aman dan stabil saat pengereman.

  • Upside Down Suspension Full Adjustable

MT-09 ditunjang suspensi Upside Down Full Adjustable yang menjadikan handling lebih sempurna, motor lebih stabil, dan terlihat semakin gagah saat berkendara.

Sedangkan untuk harga Yamaha MT09 pihak Yamaha Indonesia membandrol motor ini dengan bandrol Rp. 290.000.000 OTR Jakarta, dan sudah mulai didistribusikan melalui dealer resmi CBU Yamaha yang tersebar di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

Harga Yamaha MT09

 Dan jika pemirsa berminat, Yamaha Indonesia menjual Yamaha MT-09 ini dalam 3 pilihan warna antara lain :

Yamaha MT-09 2020 warna Ice Fluo (putih velg merah)

Yamaha MT-09 2020 warna Matte Raven Black

Yamaha MT-09 2020 warna Yamaha Blue

Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

Be the first to comment

Komen Gratis !