Akhirnya… Honda CBR600RR Rilis di Indonesia, Harganya Setengah Milyar, Lebih Dikit!

Warungasep.net – Moge atau Motor Guede yang kita bahas ini adalah motor impian para biker. Bergenre motor Supersport ini memiliki mesin 4 silinder dengan keunikan model knalpot undertail. Inilah Honda CBR600RR 2021 yang telah resmi rilis di Indonesia oleh PT. Astra Honda Motor (AHM). Berapa bandrol harganya? Dan bagaimana keunggulan fitur dan spesifikasinya, pemirsa lihat lengkapnya dibawah ini.

Honda CBR600RR 2021 Indonesia

AHM menghadirkan motor ini sebagai jawaban bagi mimpi pecinta motor super sport berperforma tinggi. sebuah energi dan gaya baru dalam revolusi desain, teknologi dan fitur canggih yang disematkan sesuai gaya berkendara masa kini. Model ini mengekspresikan sensasi sporti yang mampu meningkatkan level adrenalin dan kesenangan berkendara bagi pengendaranya yang ingin merasakan pengalaman berkendara terbaik.

Mengusung konsep Awaken The Race, CBR600RR dilengkapi dengan kontrol elektronik terbaru dan teknologi aerodinamis untuk mewujudkan peningkatan kinerja secara keseluruhan. Motor super sport ini memiliki karakteristik performa tinggi yang mudah dikontrol dan pengendalian yang lincah, sekaligus mampu menaklukkan lintasan sirkuit dengan performa terbaik dan tetap menyenangkan dikendarai di jalan umum, termasuk jalan berliku pada kecepatan tinggi.

President Director AHM Keiichi Yasuda mengatakan berbagai inovasi desain, teknologi, dan fitur yang dikembangkan dari konsep Awaken The Race menjadikan CBR600RR sebagai motor impian dari para pecinta big bike yang menginginkan sepeda motor berperforma tinggi.

“Melalui CBR600RR ini, kami ingin mengajak Anda semua untuk merasakan kesenangan hidup terbaik dengan perpaduan sempurna dari kegembiraan, adrenalin, dan kepuasan berkendara dengan semangat balap yang dirasakan secara bersamaan saat berkendara,”ujar Yasuda.

Sementara itu, Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan selain menyuguhkan performa produk yang mumpuni, pecinta CBR600RR juga dimanjakan dengan perasaan bangga terhadap produk dan layanan yang didesain khusus bagi mereka.

“Kami pun secara konsisten terus memberikan layanan yang didesain secara premium bagi pengguna Honda Big Bike melalui jaringan dealer Big Wing. Kami berharap kehadiran CBR600RR yang didukung kuatnya layanan purna jual di jaringan Honda dapat semakin menguatkan kecintaan masyarakat terhadap jajaran produk big bike Honda,”ujar Loman.

Harga Honda CBR600RR di Indonesia

Oke, pertanyaan pertama yang tentunya pemirsa ingin ketahui adalah soal harganya. AHM menjual Honda CBR600RR ini seharga Setengah Milyar, lebih dikit… Lebih tepatnya dengan bandrol harga Rp. 550.000.000,- On the Road Jakarta. Cukup mengejutkan, karena harganya setara dengan 20 unit Honda CB150R, hehe…

Sayangnya yang dijual di Indonesia ini hanya 1 pilihan warna yaitu warna Trico yang merupakan warna corporate-nya Honda untuk varian Honda CBR series. Oh ya, CBR600RR ini ternyata dipasarkan secara terbatas, tercatat ada 3 negara yang kebagian jatah versi terbaru motor supersport Honda ini, antara lain Jepang, Thailand dan Indonesia. Di negara lain, semilas Eropa motor ini tidak dijual karena tidak lolos emisi Euro-5 yang semakin ketat.

Jika dilihat bandrol harganya yang setengah milyar lebih 50jutaan, jelas terasa lebih overprice jika dibanding pesaingnya dikelasnya yang dijual di Indonesia seperti Kawasaki ZX-6R 2021 yang dibandrol Rp. 315jutaan atau Yamaha YZF-R6 yang setengah dari harga CBR600RR ini. Tapi wajar saja, karena bandrol di Jepang sendiri sudah tembus Rp. 223 jutaan…

Baca : Harga CBR600RR 2021 Rp. 223 Jutaan, Intip Spesifikasi, Fitur Dan Warnanya

Tapi karena di Indonesia sendiri punya peraturan seperti PPNBM, tentunya harganya menjadi lebih mahal lebih dari 2 kali lipat. Tapi tentunya, AHM memberikan banyak sekali service dan layanan kepada konsumen terutama yang loyal sebagai pemilik Big Bike Honda, mungkin pemirsa sering dengar jika AHM sering menggelar touring pemilik big bike yang bahkan tak hanya di Indonesia tapi hingga touring dan jalan-jalan ke luar negeri, mantap…

Selain itu, berikut ini adalah info mengenai keunggulan desain, fitur dan spek Honda CBR600RR versi 2021 yang dijual di Indonesia, cekidot :

Desain

Konsep super sport CBR600RR sangat kuat ditampilkan melalui desain keseluruhan yang aerodinamis. Desain fairing dengan headlight baru yang lebih agresif dengan minim area frontal untuk menghadirkan koefisien drag yang lebih kecil terhadap angin. Penyematan winglet dengan teknologi aerodonamis yang terinspirasi dari RC213V di MotoGP, secara efektif memberikan down force saat berakselerasi. Bagian ini juga berguna untuk memberikan stabilitas lebih saat melakukan pengereman dan tikungan. Pada tengah lampu, terdapat lubang udara yang langsung terhubung dengan air intake guna memaksimalkan performa.

Posisi dan desain tangki bahan bakar dibuat lebih rendah untuk memberikan area yang makin luas bagi pengendara saat menunduk guna meningkatkan aerodinamika, menghadirkan stabilitas dalam penanganan, dan mendapatkan down force maksimum saat akselerasi, pengereman, dan menikung. Posisi berkendara ini tetap nyaman dan fleksibel untuk penggunaan di trek balap ataupun berkendara di jalanan kota.

Di area belakang, model ini memiliki desain knalpot yang compact dengan posisi lubang knalpot yang terletak di tengah untuk memberikan kesan ramping sekaligus menjadi ciri khas CBR600RR.

Performa mesin CBR600RR

Tak hanya memiliki desain yang memikat pecinta motor super sport, performa tinggi dan beragam teknologi fitur canggih yang disematkan menjadi penyempurna CBR600RR. Mesin baru DOHC 599cc 4-silinder tercatat mempunyai tenaga maksimal 89 kW (121 PS)/14.000 rpm. Model ini memiliki torsi puncak yang sangat besar mencapai 64 Nm (6.5 kgf.m)/11.500 rpm. Beberapa perubahan pada komponen mesin termasuk di antaranya mengubah desain camshaft dan crankshaft guna meningkatkan percepatan putaran, bentuk inlet port, memperbesar diameter throttle bore, optimalisasi ukuran berbagai bagian pipa knalpot hingga ubahan pada pengaturan waktu bukaan katup (valve timing) menjadikan CBR600RR semakin bertenaga di sepanjang sejarahnya.

Fitur unggulan CBR600RR

Honda CBR600RR punya banyak fitur unggulan diantaranya sbb :

  • Penyematan lampu menggunakan teknologi LED, didesain semakin tajam yang mengesankan agresifitas.
  • Panel meter besar layar TFT full digital menjanjikan visibilitas yang semakin mudah berkat tingkat penerangan layar yang otomatis menyesuaikan kondisi cuaca sekitar. Layar penunjuk informasi ini mampu menampilkan 2 mode yang bisa dipilih, yakni Street dan Circuit.
  • Dilengkapi assist/ slipper clutch, yang membuat pengoperasian tuas kopling semakin ringan, sekaligus mengurangi efek engine brake saat pengendara menurunkan gigi transmisi.
  • Throttle by wire menjadi peranti wajib sepeda motor sport premium Honda, guna mendapatkan bukaan gas yang makin presisi.
  • Sensor Inertial Measurment Unit (IMU) untuk mendeteksi posisi angle sepeda motor.
  • Honda Selectabe Torque Control (HSTC) dan Engine Control Unit (ECU), menjaga ban belakang tidak selip ketika berakselerasi dan menikung. Perangkat tersebut juga meminimalisasi ban depan terangkat saat akselerasi berlebihan.
  • Tiga mode berkendara yang memberikan kenyamanan dan sensasi berkendara yang tinggi, yakni Fast Riding, Fun Riding, dan Comfortable Riding. CBR600RR juga memberi opsi bagi pengendara untuk membuat mode berkendara sendiri sesuai karakter berkendaranya melalui dua slot yang dapat mengatur tenaga (5 level), HSTC (9 level+off), wheelie control (3 level+off), dan engine brake (3 level).
  • Penyematan fitur Emergency Stop Signal (ESS) pada CBR600RR menunjang keselamatan pada saat pengereman mendadak, dimana ESS secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat rem dioperasikan sehingga dapat memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.
  • Pada peranti rem naik kelas dari generasi sebelumnya. Posisi depan sudah dilengkapi double disc brake diameter 310mm plus Antilock-Braking System (ABS), dengan kaliper 4 piston. Sedangkan pada posisi belakang juga dilengkapi rem cakram diameter 220 mm berkaliper piston tungal, plus ABS.
  • Dilengkapi Honda Electronic Steering Damper (HESD) dengan tiga mode penyetelan (hard, medium, soft). Komponen ini bekerja bersama IMU dan sensor kecepatan untuk menambah kestabilan saat melaju pada kecepatan tinggi dan menikung.

Kekayaan fitur lainnya pada lengan ayun (swing arm) terbuat dari bahan aluminium yang memberikan bobot ringan dan rigid sehingga memberikan kenyamanan handling dalam melakukan manuver berkendara. Kestabilan juga didukung suspensi depan Showa Inverted Telescopic dan suspensi belakang Showa Pro-Link with Gas-Chamber. Semua suspensi dapat disesuaikan kompresi dan rebound-nya.

Dan terkahir, Honda CBR600RR ini hanya dijual di dealer Big Wing yang tersebar di 11 Kota besar di Indonesia. Semoga berguna…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

4 Comments

  1. Gak masuk akal sekali ya….Kawasaki zx10r aja cuma 492 juta otr jakarta.
    Lah ini cbr600cc bermuka gsx150 dijual 500 juta lebih ???

  2. New R1 dan New R6 ga dijual resmi oleh yimm, padahal peminatnya lumayan oke dan sudah banyak yg beredar di indonesia, ini artinya yimm memberi keleluasaan bagi para importir umum untuk bisa berdikari….

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Honda CBR150R Trico 2021, Warna Special Harganya Rp. 40 Jutaan - WARUNGASEP ★★★☆☆
  2. Inilah CB650R 2021, Moge 4 Silinder Honda Termurah di Indonesia - WARUNGASEP ★★★☆☆
  3. QJMotor 600RR 2022, Moge 4 Silinder Yang Punya Wajah Baru - WARUNGASEP ★★★☆☆
  4. Bermuka Belalang! Benelli TNT899 2022 Bermesin 3 Silinder Resmi Dirilis - WARUNGASEP ★★★☆☆

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!