Yamaha GT150 Fazer 2023, Motor Classic 150cc Asal Negeri Tirai Bambu

Warungasep.net – Mengawali tahun baru, Yamaha di negeri tirai bambu merilis produk baru yang diberi nama Yamaha GT150 Fazer 2023. Motor baru ini bergaya heritage ini hadir dengan perpaduan desain jadul alias klasik tapi dengan dukungan fitur-fitur modern yang kekinian. Penasaran dengan mesin, spek dan fiturnya? Yuk kita intip lebih detail.

Yamaha GT150 Fazer 2023

Yamaha Tiongkok memang memiliki beberapa produk yang khusus dipasarkan secara domestik, sehingga beberapap produknya tidak ada yang diekspor ke luar negeri sehingga banyak yang tidak kita ketahui. Yang menarik, terkadang mereka selalu membuat versi lokal dari produk global.

Sebut saja contohnya, jika di pasar global ada Nmax series di segmen maxi skutik. Mereka memproduksi smaxi skutik sendiri yang diberi nama Yamaha Avenue, Di pasar global ada Yamaha Zuma, mereka bikin skutik adventure sendiri yakni Yamaha Force-X125, dan sekarang mereka membuat produk sport classic sendiri, jika dipasar global ada XSR155 dan XSR125, Mereka punya GT150 Fazer.

Sebenarnya, sebelum Tiongkok, India juga sempat membuat produk sport classic di kelas 150 yang diberi nama Yamaha FZX 150. Tapi baik XSR155, FZX dan GT150 Fazer ini walaupun mengusung konsep yang sama, yakni motor sport naked heritage alias jadul, tapi desain bodyworknya sama sekali berbeda.

GT150 Fazer memiliki aura motor classic scrambler seperti Yamaha RD series, apalagi yang warna putih, dengan ciri khas dual shock belakang, jok dengan kontur roti sobek berwarna coklat, ban semi dual purpose dan suspensi depan teleskopik yang dibungkus karet ulir yang terasa banget aura klasiknya, sedangkan FZX150 desainnya India banget, terlihat dari rear gripnya yang mirip pegangan panci, hehe… XSR155 tentu kita tahu desainnya lebih proporsional, pakai fitur yang modern, seperti suspensi depan Upside down dan rangka Deltabox.

Itu karena jika XSR155 menggunakan basic mesin dan rangka daripada Yamaha MT15 juga R15, Kemudian FZX di India basicnya adalah Yamaha FZS aka Byson, naah GT150 Fazer ini menggunakan basic mesin Fazer 150. Kurang dikenal karena memang pasarnya sangat terbatas, hanya di Tiongkok, di beberapa negara di Asia tengah dan di Amerika Selatan.

Dimana GT150 Fazer ini mengusung mesin 149cc 1 silinder SOHC berpendingin udara, berbeda dengan XSR yang menggunakan mesin 155 VVA yang bertenaga 19 PS, Performa motor ini terbilang imperior, power maksimum motor pesaing Honda CB190S ini hanya mencapai 9,1kw pada 7500rpm, dan torsi maksimum 12,4Nm pada 6000rpm.

Motor ini memiliki bobot yang cukup ringan hanya 126 kg saja, kapasitas tangki 12,5 liter, joknya lumayan tinggi mencapai 795 mm, karena ukuran ring velgnya ala-ala motor jadul yakni menggunakan velg 18 inch dengan ukuran 90/90 dibagian depan dan 100/80 dibagian belakangnya. Lengkapnya kalian bisa lihat dibawah ini :

Spesifikasi Yamaha GT150 Fazer 2023

Sedangkan untuk fiturnya, produk Yamaha China ini sudah dibekali lampu LED dan panel speedmeter full digital, socket charger, rem cakram depan belakang dan velg castwheel Y shape, tentunya walaupun terlihat jadul tapi pakai fitur kekinian. Tapi jika dibandingkan dengan FZX-nya Yamaha India, baik GT150 Fazer maupun XSR155 jelas kalah telak, karena walaupun bentuknya gak karuan seperti hadiah ciki, tapi FZX150 sudah bisa terkoneksi dengan smartphone. Disamping desain, Motor India emang paling terdepan soal teknologi.

Harga Yamaha GT150 Fazer ini pihak Yamaha Tiongkok membanderolnya dengan harga 13,390 Yuan atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 30,5 jutaan. Terlihat lebih murah dibanding harga XSR155 2023 di Indonesia yang mencapai Rp 37jutaan, tapi itu karena banderol harga motor di negeri tirai bambu rata-rata masih dalam kondisi off the road.

Terakhir, Yamaha Tiongkok menjual motor ini dalam 4 pilihan warna diantaranya warna grey, hitam, biru dan yang paling menarik adalah warna putih dengan stripe kuning, berikut foto studionya :

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

4 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!