Dayang ADV150, Kloningan Honda ADV150 Pakai Kamera Depan Belakang!

Dayang ADV150

Warungasep.net – Di era tahun 2000an, Merk Sepeda motor Dayang sempat eksis di Indonesia sebagai produsen motor tiruan. Walaupun disini mungkin sudah “punah” tapi tidak di negeri asalnya di Tiongkok. Mereka banyak memproduksi motor baru dengan desain sendiri, tapi tak sedikit pula yang masih menjiplak produk yang sudah ada, salah satunya adalah Dayang ADV150. Tak hanya desain saja yang di”cloning”, tapi sampai ke labelnya pun dijiplak. Tapi sebagai pembeda, mereka membenamkan fitur canggih yang bahkan tidak dimiliki ADV150 yang ori, apa itu? Fitur kamera depan dan belakang… gokill!!!!

Coba pemirsa perhatikan, dibagian moncong depan terdapat kamera yang letaknya diantara dual headlight LED. Sedangkan dibagian belakang, letak kameranya berada di spakbor, diatas lampu penerang plat nomor. Gila, skutik Dayang ini sepertinya akan menjadi pelopor fitur kamera di segmen skutik, karena sebelumnya fitur ini hanya terdapat pada moge touring dari pabrikan Zongshen lewat dua produknya yaitu Zongshen RG3 400 dan Zongshen RX6 650cc Motor Adventure 2 Silinder Bermesin Norton.

Lalu apa gunanya fitur ini?
Belum ada info resmi dari pihak Dayang, karena motor ini sebenarnya belum dirilis secara resmi. Beberapa foto motor ini pun dibocorkan oleh media asal Tiongkok Newmotor.com.cn yang melakukan pengetesan terbatas para jurnalis lokal disana.

Tapi, jika dilihat dari foto-fotonya wajar saja pakai kamera karena punya layar speedometer yang sudah full TFT color digital layaknya layar smartphone. Jelas speedometer skutik kloningan ini lebih canggih daripada Honda ADV150 yang asli, selain bisa terkoneksi dengan smartphone sebagai layar proyeksi seperti layaknya fitur mirroring di smartTV, sehingga panel layar speedometer seperti ini bisa multi fungsi seperti menampilkan peta navigasi dan juga beragam macam hiburan.

Keunggulan lain dari skutik ini yang tidak dimiliki oleh versi aslinya adalah rear grip belakang yang desain-nya adventure banget bisa muat barang dan tentunya bisa dipasang top box dll, dan bahkan dibagian depan terdapat desain paruh burung sehingga memperkuat aura adventure dibanding versi aslinya.

Bicara soal desain keseluruhan, memang tak semua desain fisik skutik Dayang ini dibuat sama plek dengan Honda ADV150, ada beberapa bagian detail yang dibuat berbeda, diantaranya desain headlight, body belakang yang lebih tajam, shape tail light dan juga sok depan yang pakai pelindung karet.

Sedangkan bagian lainnya, seperti kunci pakai smartkey atau keyless,desain velg, patern ban, jok, adjustable windscreen hingga desain dek dan legshield dibuat mirip. Cuma yang gak habis thinking adalah dari labelnya. “kenapa harus dikasih nama ADV150 sih bgst!!!” kalo kata netizen mah 😀 Yupz, label motor ini diberi nama yang sama seperti versi aslinya, yaiu ADV150. Itu terlihat dari emblem dan stiker yang terletak dibagian body.

Kenapa gak pakai nama lain, seperti halnya Rusi Filipina yang menjiplak Aerox pakai nama lain Rusi Rapid 150 gitu atau KingKong KD150 yang menjiplak Yamaha Xabre gitu…

Bagaimana dengan mesin?
Seperti namanya, Dayang ADV150 ini pakai mesin 150cc yang sama seperti produk Dayang lainnya yaitu Dayang Vorei 150 .  Sayangnya belum diketahui spek detail mengenai skutik ini, dan sepertinya skutik ini akan dijual untuk pasar lokal di Tiongkok mulai tahun 2021 nanti.

Walaupun mungkin mengetahui tentang motor kloningan adalah hal yang biasa saja apalagi buat produk Mocin, tapi sepertinya ada yang menarik dari skutik ini yakni dari segi fitur. Ya bagaimana tidak, skutik ADV150 Mocin Dayang ini pakai fitur yang gak biasa, yaitu kamera dan layar TFT berwarna yang multi fungsi, fitur yang mungkin entah kapan bisa diterapkan pada ADV150 atau ADV150-nya Honda.Kalo menurut pemirsa gimana? monggo komentarnya…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

Instagram : @Warungasepnet
Twitter : @Warungasep

3 Comments

  1. untuk lampu depan juga sudah canggih om, sudah model proyektor…. beda dengan produk aslinya yang masih pake lampu led biasa….cmiiw

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Dayang Vorei ADV350 Resmi Dirilis, Dibandrol Setara Xmax 250 ? - WARUNGASEP ★★★☆☆
  2. Inikah Spyshots Pertama "Suzuki Burgman 150cc" ??? - WARUNGASEP ★★★☆☆
  3. Namanya Haojue UHR150, Lha Kok Mirip PCX? - WARUNGASEP ★★★☆☆
  4. Brestone ADVISA 150cc Lagi-lagi Tiruan Honda ADV150 - WARUNGASEP ★★★☆☆

Komen Gratis !