SYM Husky ADV 150 2022 Rilis di EICMA, Skutik Adventure Bersuspensi Monoshock

Warungasep.net – Memanfaatkan moment EICMA Milan, SanYang Motor merilis skutik baru yang diberi nama SYM Husky ADV 150 2022. Mengusung konsep skutik adventure yang beberapa detailnya justru dibuat mirip dengan skutik Honda ADV series, tapi motor asal pabrikan Taiwan ini punya salah satu kelebihan yang gak dimiliki ADV-nya Honda yaitu suspensi belakang model single sided horizontal monoshock.

Desainnya memang gak sama plek dengan Honda ADV, tapi jika pemirsa lihat lebih detail ada beberapa bagian yang memiliki kemiripan dengan konsep desain ADV-nya Honda, sebut saja desain body yang penuh dengan lekukan kaku khas motor adventure, memiliki dual headlight dengan adjustable windscreen serta lampu sein terpisah. Husky ADV-nya SYM ini dibuat lebih menarik dengan tambahan moncong depan yang lebih tajam serta terdapat lubang air scoop yang membuatnya memiliki tampang yang lebih agresif dan sangar.

Ngomongin tiru meniru, SYM menjadi satu dari banyak pabrikan yang ikut-ikutan masuk ke segmen motor skutik adventure, setelah sebelumnya ada 7 motor tiruan Honda ADV yang didominasi produk asal Tiongkok, dan kemarin pabrikan Italia menyusul dengan produk Aprilia SR GT-nya, ehh sekarang SYM dengan varian Husky ADV-nya yang secara mengejutkan muncul untuk mengisi line up produk baru SYM di ajang pameran EICMA Milan 2021.

Belum ada keterangan resmi dari pihak SYM mengenai detail spek mesin dan juga alasan mereka meniru konsep ADV-nya Honda. karena di website resmi mereka juga belum memuat detail spesifikasi motor ini. Informasi yang terbatas sehingga motor ini kurang heboh dibanding motor lainnya yang juga banyak rilis di EICMA. ironisnya justru saya malah dapat info mengenai motor ini dari Vanhoe Rage yang ternyata sudah tau akan bocoran motor ini sejak 2 pekan yang lalu.

Menurut hasil investigasi Vanhoe rage, motor ini mengusung basic mesin yang sama dengan SYM DRG BT, pemirsa bisa coba lihat perbandingannya berikut ini :

Baca : SYM DRG BT R-Edition 2021 Rilis di Taiwan, Sport Skutik 158cc Seharga Rp. 57 Jutaan

Mirip banget bukan, bedanya mungkin dari segi rangka yang dimana jika DRG BT mengusung dek rata sedangkan Husky ADV pakai rangka underbone, spakbor belakangnya juga tipe gantung bukan tipe mud guard seperti DRG BT. Dan bisa dibilang jika SYM ADV Husky ini merupakan diversifikasi produk dari DRG BT. Untuk pasarnya sendiri, belum diketahui apakah khusus untuk pasar Eropa atau juga pasar global.

Sayangnya jika melihat bocoran dari Vanhoe Rage, sepertinya spek mesin Husky ADV ini sedikit berbeda dengan DRG BT, yang dimana jika DRG BT punya mesin 158cc dengan power 15,5ps / 8000rpm, sedangkan Husky ADV150 mesinnya cuma 150cc 1 silinder 4 klep berpendingin cairan dengan power maksimum yang lebih kecil yakni 14,4 Hp atau setara 10,8 Kw dan torsi 14,5 Nm. Tapi angka ini justru lebih tinggi dari spek mesin hasil kolaborasi SYM dan GPX Thailand yaitu produk SYM Jet X 150 versi Malaysia yang powernya hanya 12,3 Hp saja. Pemirsa bisa lihat detail speknya dibawah ini :

Selain fitur suspensi single sided monoshock model horizontal yang dilengkapi Anti-Lift engine hanger system yang menjadi fitur unggulan, SYM ADV Husky ini pun sudah dilengkapi fitur-fitur modern diantaranya lampu serba LED baik lampu depan, rem, DRL hingga lampu sein-nya. kapasitas tangki BBM yang lebih besar hingga muat 15 liter, dilengkapi juga dengan USB socket charger dengan quick charge 2.0 dan yang menarik, motor ini sudah dilengkapi panel instrumen speedometer yang sudah TFT berwarna.

Wuiih, jadi walaupun desainnya memang gak original SYM, tapi soal fitur dibuat selangkah lebih maju teknologinya dibanding Honda ADV aslinya. Belum diketahui berapa bandrol harga motor ini. Apakah mungkin akan dijual di Indonesia? Kita tunggu saja… semoga kepengen…

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : [email protected]
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

Komen Gratis !