Inikah Gambar Patent Mesin CBR250RR 4 Silinder???

Warungasep.net – Kawasaki melenggang sendiri di pasar motor sport 250cc 4 silinder dengan ZX25R-nya. Apakah lawan-lawannya akan diam saja? Sejak tahun lalu, ada rumor jika Honda juga akan menghadirkan lawan ZX25R, tapi bukan dengan CBR 250cc 4 silinder, melainkan dengan CBR 400cc 4 silinder.

Rumor tersebut sudah saya bahas bahkan tentang penyelidikannya, buat yang belum tahu silakan baca :

Baca : Penyelidikan Tentang Honda CBR400RR 4 Silinder

Nah, baru-baru ini ada 2 gambar yang diduga patent mesin motor Honda yang bekonfigurasi 4 silinder inline. Media yang mengunggah foto tersebut adalah Blogger asal Jepang, Kojintekibikematome. Berikut ini penampakannya :

Gambar yang pertama, adalah gambar patent tampak bagian samping kiri crankcase. Jika dilihat desainnya lebih compact dan lebih pendek, bagian headnya terlihat pakai model DOHC dan ada indikasi mesin ini akan pakai stroke atau langkah mesin yang pendek dan bore yang lebar alias mesin overbore jika dilihat di gambar kedua.

Jika kita teliti, desain mesin ini sepertinya tidak ada yang mirip dengan mesin motor Honda yang sudah ada, kita coba bandingkan dengan model crakcase mesin CB400 Super Four, yang merupakan motor 4 silinder Honda terkecil di dunia yang masih dijual saat ini, cekidot :

Ternyata beda banget, mesin CB400 SF terbilang jadul dan punya dimensi yang gede banget walaupun cuma 400cc, kita coba bandingkan dengan crankcase mesin, ya siapa tahu ini mesin CBR250RR yang ditambahin 2 piston gitu, hehe, cekidot :

Baca lengkapnya tentang mesin ini di artikel : Ketika Mesin Honda CBR250RR Dibongkar, Ternyata Gak Bisa Sembarangan Ganti Sparepart!!!

Ternyata emang beda… Jadi, apakah ini ada indikasi jika Honda melakukan pengembangan mesin baru untuk segmen motor 4 silinder cc kecil? Jika benar, gila banget dah, ngebelain lawan ZX25R sampai jor-joran ngembangin mesin baru, bahkan ditengah krisis pandemi juga ada kemungkinan menjadi era akhir motor bensin, karena beberapa tahun dari sekarang para pabrikan justru mulai mengembangkan mesin listrik.

Dan saya mau disclaimer dulu, jika gambar patent diatas belum tentu punya CBR400RR apalagi CBR250RR 4 silinder, baru sebatas asumsi dan spekulasi saja berdasarkan gambar patent yang bocor, bahkan pihak blogger Jepang yang unggah foto ini juga masih belum mengetahui mengenai mesin motor apa ini.

Tapi yang jelas, gambar patent ini baru didaftarkan Januari tahun 2020, jadi baru-baru ini… Dan jika benar nantinya akan ada motor sport cc kecil berkonfigurasi inline four, maka akan makin banyak pilihan di segmen ini, tapi sayangnya jika benar, ada indikasi jika motor ini akan menjadi motor JDM, ya sama seperti CB400 SF gt, jadi lagi-lagi jika itu benar konsumen tanah air cuma bisa gigit jari, soalnya motor 400cc pasti kena PPNBM dan gak akan masuk sini karena bandrolnya mahal, hehe… Tapi kita tunggu saja.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

Komen Gratis !