Honda Super Cub 110 2022 Kini Pakai Rem ABS, Harganya Setara CBR!

Warungasep.net – Bersamaan dengan Honda DAX 125 dan Hawk 11, Honda Japan juga merilis motor bebek baru yaitu Honda Super Cub 110 2022. Masih mempertahankan konsep desain bebek klasik yang direborn, tapi dengan tambahan beberapa fitur canggih, salah satunya penggunaan rem cakram. Dan bahkan, bukan sembarang rem cakram, tapi sudah dilengkapi dengan rem Antilock Braking System atau ABS. Gilaa, sekarang motor bebek jadul aja pake ABS euy!

Super Cub 110 versi 2022 versi Jepang ini sangat berbeda sekali dengan versi sebelumnya atau bahkan beda dengan Honda Super Cub 110 yang dijual di Thailand. Dimana beberapa perubahan terdapat di beberapa bagian diantaranya penggunaan velg model cast wheel alias velg racing menggantikan model spoke wheel atau velg jari-jari. Untuk membuatnya terlihat masih ada aura classicnya, velgnya ini diberi warna silver dengan 10 jari. Knalpot dilapir chrome, begitu juga dengan suspensi belakangnya, kelihatan ala motor bebek jadul banget.

Oh ya berbeda dengan Super Cub versi Thailand yang bisa dipakai tandem boncengan, ternyata untuk versi Jepang hanya terdapat satu buah jok saja khusus pengemudi, sedangkan dibagian belakang digantikan dengan braket untuk rak bagasi.

Rem cakram canggih yang biasanya terdapat pada motor sport kini hadir di motor bebek, dan bahkan rem ABS Super Cub 110 versi 2022 ini lebih canggih karena dikendalikan oleh IMU atau Inertial Measurement Unit yang biasanya terdapat pada Honda CB neo sport cafe series kini hadir di motor kelas mid level.

Indikator ABS juga terdapat pada panel speedometer motor ini yang kini sudah pakai model kombinasi analog dan digital. Semakin terlihat canggih karena semua lampunya sudah serba LED, Termasuk lampu bulatnya yang beraura classic banget.

Di sektor mesin sepertinya menjadi bagian yang berubah cukup signifikan. Masih mengandalkan mesin 110cc 1 silinder SOHC berpendingin udara, namun ada perubahan dari bore x strokenya yang semula 50,0 mm x 53,6 mm menjadi lebih over stroke 47,0 mm x  63,1 mm, yang mampu menghasilkan tenaga maksimum diangka 59 Kw atau setara 8,0 Ps apada putaran 7500 rpm dan torsi 8,8 Nm pada 5500 rpm. Motor ini memiliki bobot yang sangat ringan yakni 101 kg, tinggi joknya cukup rendah hanya 738 mm, kapasitas tangki hanya 4,1 liter dan ukuran ban yang standar bebek banget yakni 70/90-17 didepan dan 80/90-17 inch dibagian ban belakang.

Jangan kaget dengar harga SuperCub 110 versi 2022 ini karena pihak Honda Japan menjualnya dengan banderol 302,500 Yen atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 35,5 jutaan, wuuiih sudah setara harga Honda CBR150R di Indonesia nih motor bebek 110cc, hehe…

Terakhir, motor unik Honda ini dijual dalam 5 pilihan warna yang cantik diantaranya warna putih krem atau neige, kemudian ada warna kuning, warna putih dan warna unik dan terlihat retro banget yakni warna biru dan juga hijau tua yang pastinya bikin para pecinta motor classic makin pengen, berikut foto studionya :

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!