Prediksi Motor Baru Yamaha Yang Akan Hadir di Tahun 2024

Warungasep.net – Sepanjang tahun 2023 kemarin, Tercatat Yamaha hanya merilis satu saja produk baru yaitu Yamaha Grand Filano Hybrid, adapun Yamaha E01 dan Yamaha Neos yang merupakan motor listrik yang potensial sebagai pesaing Honda EM1 e: baru sebatas tes pasar dan diperkenalkan saja. Sedangkan beberapa model hanya melakukan refreshment dan rutinitas ganti warna saja. Lantas bagaimana dengan tahun 2024, akankah Yamaha Indonesia bakal merilis motor baru lagi?

Sebenarnya, cukup mudah untuk meramal atau memprediksi motor baru Yamaha. Itu karena mereka selalu punya tradisi melakukan pengetesan sepeda motor di area umum, sehingga beberapa foto spyshot dan testimoni dari para warganet bisa menjadi indikasi.

Di tambah lagi biasanya mereka selalu mendaftarkan gambar dan nama patent serta NJKB calon produk mereka di situs resmi pemerintah seperti PDKI dan Samsat sebelum melakukan publik launching. Nah, untuk tahun 2024 nanti kira-kira bakal ada motor baru Yamaha apa saja ya? Dan berikut ini prediksinya.

1. Yamaha Lexi 125 facelift

Bukan hanya sekedar gosip, Yamaha Lexi Facelift memang tinggal menunggu hari yang tepat untuk launching. Dari beberapa sumber saya sudah mendapatkan informasi, seperti dari blognya wak haji Taufik TMCBlog (baca sumbernya disini ) calon motor baru Yamaha ini memiliki kode “Yamaha BPN”.

Kode tersebut terungkap karena sudah terdaftar di situs Samsat DKI dan dari NJKBnya diketahui jika Lexi baru akan memiliki 3 varian, ada kemungkinan versi std, versi S dan versi ABS. Tak menutup kemungkinan, motor ini juga akan memiliki tambahan fitur seperti Hybrid dan Connected yang menjadi keunggulan produk pabrikan Garpu Tala saat ini.

Sumber ; IWB

Untuk modelnya pun terungkap melalui spyshots yang diunggah oleh cak IWB Iwanbanaran, dimana model ini sepertinya akan dapat beberapa update signifikan dari segi desain, terutama sektor headlamp dengan shape yang lebih sporti, bodi depan yang menyiku dan juga perubahan pada stoplamp dan spakbor belakang.

Tapi secara garis besar sepertinya masih mempertahankan model sebelumnya, seperti bodi samping, dan kaki-kaki, alias rem belakangnya masih model tromol, hehe… Untuk jadwal rilisnya, akan hadir di awal tahun 2024 nanti, kemungkinan di bulan Januari 2024. Kita tunggu saja…

2. Yamaha Nmax facelift

Sudah sewajarnya Nmax melakukan facelift, karena terakhir kali melakukan penyegaran adalah di awal tahun 2020 silam. Yang artinya sudah tiga tahun, dimana lifecycle produk berkisar antara 3 sampai 5 tahun sekali. Dan bocoran tentang Nmax baru ini diungkap oleh cak IWB pada artikelnya disana .

Menurut penuturan IWB yang mendapat bocoran, Nmax baru ini sepertinya akan mendapat focus perombakan di sektor performa mesin. Apakah akan naik kubikasi menjadi 160cc untuk bisa lebih kompetitif dengan pesaingnya PCX160?

Tapi semoga saja sih Nmax baru mendapat penyegaran desain, terutama di bagian cover headlamp dan body belakang sehingga menjadi lebih sporti dan terlihat menarik, hehe…

3. Yamaha PG-1

Motor bebek bergaya unik perpaduan classic dan adventure ini sudah hadir duluan di Thailand dan Vietnam. Dan biasanya motor endemik Asia Tenggara tentunya akan hadir di setiap negara. Apalagi basic motor ini merupakan motor bebek kelas entry Yamaha Vega Force yang tentunya tidak akan sulit bagi Yamaha Indonesia untuk bisa mengembangkan dan memproduksinya sendiri.

Apalagi jika melihat antusiasme warganet Indonesia ketika motor ini hadir di negara tetangga, banyak dari mereka yang berharap jika motor ini bisa dihadirkan di tanah air. Sebuah indikasi jika motor ini sangat diterima dan ditunggu sehingga menjadi sangat potensial untuk bisa membangkitkan kembali trend pasar motor bebek.

Namun apakah benar motor unik ini akan hadir di Indonesia? Hal tersebut masih jadi tebak-tebakan saya pribadi, tentunya semua tergantung dari pihak Yamaha Indonesia dan Yamaha Jepang yang mungkin punya planning dan kebijakan tentang motor apa yang akan hadir disini nantinya.

4. Motor listrik Yamaha?

Melihat Honda yang start duluan dengan PCX electric dan dilanjutkan dengan Honda EM1 e: sebagai pelopor motor skuter listrik brand Jepang di Indonesia, Tidak menutup kemungkinan Yamaha juga akan ikut meramaikan kompetisi motor dengan energi baterai ini di Indonesia. Apalagi karena semua produsen otomotif dituntut untuk bisa dan secara perlahan melakukan transisi dari motor bensin konvensional menuju produk yang bebas polusi di masa depan. Dan sepertinya Yamaha juga punya komitmen akan hal tersebut.

Namun pertanyaannya, mereka akan merilis motor apa? Apakah Yamaha Neos untuk menyusul Vietnam yang sudah lebih dulu memasarkan skuter listrik Yamaha ini? Ataukah mereka akan punya model lain yang kompetitif dari segi harga dan speknya? Kita harus tunggu kejutannya…

5. Yamaha R25 Facelift?

Sepertinya tahun depan motor ini akan genap berusia satu dekade. Hmmm, mosok sih Yamaha enggak mau bikin seremonial berupa update tampilan Yamaha R25? Walaupun pasar motor sport 250cc saat ini enggak seramai dulu, apalagi setelah hadirnya Kawasaki ZX25R, motor sport 250cc 2 silinder Yamaha ini kini enggak terlalu kompetitif.

Tapi minimal maksimal atuh lah ya, Yamaha itu update tampilan sang R25. Padahal enggak sulit buat Yamaha upgrade tampilan motor ini jadi mirip Yamaha R7 gitu, enggak haram kok bikin satu family R series jadi satu wajah semuanya, biar enggak terkesan si R25 ini dianak tirikan oleh Yamaha. Walaupun memang, harus kalian tahu jika ji pasar luar negeri, salah satunya di Brazil lewat kembarannya Yamaha R3, motor ini masih jadi yang paling laris pada kategori motor sport fairing.

6. Yamaha MX-King 155

Kalo ini saya no comment ya, entah kenapa Yamaha enggak mau masukin motor ini ke Indonesia, padahal sudah lebih dari 2 tahun motor ini hadir di negera tetangga, di Vietnam jadi Yamaha Exciter 155, di Filipina jadi Sniper 155 dan di Malaysia jadi Y16ZR. Bagaimana dengan Indonesia? Jadi lagi-lagi kita tunggu saja kejutannya tahun depan ya… Hmmm, saya sepertinya pesimis sih motor ini bakal hadir disini, hehe…

7. Moge baru?

Oh ya buat yang belum tahu jika sekarang Yamaha Indonesia merupakan produsen  moge 2 silinder Yamaha MT-07 untuk pasar global. Sayangnya, walaupun diproduksi di negeri sendiri, entah kenapa rakyat Indonesia saat ini belum bisa mencicipi motor ini karena pihak Yamaha Indonesia belum bisa menjual secara resmi motor ini di Indonesia.

Apakah tahun depan akan menjadi momen dimana konsumen Indonesia bisa membeli dan menikmati moge buatan karya anak bangsa? Tentunya ngarepnya bisa punya banderol harga yang kompetitif, hehe…

Nah itulah diantaranya prediksi atau tebak-tebakan “sok tahu” saya mengenai calon motor baru yang kemungkinan akan hadir di tahun depan. Kalau tebakanya tepat ya syukur, tapi kalau meleset, ya monggo salahkan cak IWB, kaboor…. hehe

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

  1. abdi mah mipikaharep ieu we yamaha PG-1 meh di ical di dieu mang, sareng trabas di lembur hehe, atawa lamun dibawa ulin ka kebon tah kanu matic mah hariwang.

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!