Honda Kuasai 26% Penjualan di Filipina, Yamaha Ke-2, Merk Lokal Urutan ke-3

Warungasep.net – Berbeda dengan di Malaysia dimana penjualan Yamaha lebih domainan (Baca : Penjualan Honda di Malaysia Dikalahkan Yamaha ), penjualan sepeda motor di Filipina sama seperti di Indonesia. Yakni pabrikan Honda menjadi pemimpin pasar. Sedangkan Yamaha berada diurutan ke-2 dan yang menarik adalah diposisi ke-3 ditempati bukan oleh Suzuki ataupun Kawasaki melainkan oleh produk lokal. Naah, produk apa kira-kira yang penjualannya lebih besar ketimbang pabrikan Jepang di Filipina?

Menurut data StardCom yang dihimpun oleh media Motomagphilippines, selama 9 bulan terakhir di tahun 2019 kemarin, tercatat 1.864.548 unit sepeda motor terjual di Filipina. Kabarnya angka tersebut mengalami peningkatan sekitar 10% dibanding tahun sebelumnya.

Honda menempati urutan pertama market share dengan angka penjualan mencapai 486.482 unit, atau menguasai sekitar 26,1 % market share sepeda motor di Filipina. Yamaha menyusul diposisi ke-2 dengan hanya kebagian 23,6 % atau sekitar 441.330 unit.

Kloningan Vario bermerek RUSI

Dan diposisi ke-3 ada pabrikan lokal yaitu Rusi Motorcycle yang dimana selama 9 bulan terkahir di tahun kemarin mencatatkan penjualan sebanyak 258.527 unit atau kebagian sekitar 13,8 % market share. Perlu pemirsa ketahui jika beberapa produk Rusi ini adalah merupakan produk Mocin yang dirakit secara lokal dan kebanyakan produknya adalah kloningan atau tiruan motor yang sudah ada. Salah satu produknya pernah saya ulas yaitu Rusi Flas 150cc.

Baca : Rusi Flash 150 2020, Penantang MX-King dan Supra GTR Dari Filipina

Bagaimana dengan pabrikan Jepang lainnya?
Nah diposisi ke-4 barulah ditempati Kawasaki dengan angka penjualan 195.406 unit. Disana Kawasaki bekerjasama dengan Bajaj dengan merebadge produk asal India tersebut, produk lokal Kawasaki disana juga cukup laris salah satunya adalah Kawasaki Barako 175, Sodara Jauh W175 Yang Pakai 4 Sok Belakang .

Sedangkan Suzuki juga cukup sukses dengan mendatangkan produk impor dari Indonesia, diantaranya Suzki Nex II yang disana direbadge menjadi Suzuki Skydrive Sport dan juga Satria F150 menjadi Suzuki Raider R150 FI 2020 bahkan yang terbaru ada Suzuki Raider J Crossover 2020 . Di Filipina penjualan Suzuki berada diposisi 5 besar dengan angka 162.030 unit.

Dan sisanya, ada produk lokal lainnya seperti Mitsukoshi, Skygo, Motorstar, Motoposh, dan Bajaj. Juga produk Moge premium seperti KTM, BMW, dll.

Sumber : https://www.motomagphilippines.com/2019/11/21/1-8-million-new-motorbikes-registered-in-first-9-months-of-2019/
Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

3 Comments

Komen Gratis !