Bocoran Honda CB150R Facelift, Gak Jadi Retro ?!

Warungasep.net – Honda AHM selalu punya kebiasanya merilis produk terbaru secara kontinyu di awal tahun atau akhir tahun. Di awal tahun 2021 ini misalnya, Honda sudah merilis PCX, CBR150R facelift dan moge baru CBR600RR. Dan kabarnya tak hanya 3 produk ini saja, AHM juga akan merilis Honda CB150R Facelift versi 2021. Hmm, kira-kira kapan dan apa saja ya yang berubah?

Kabar tentang faceliftnya motor sport naked Honda terlaris di Indonesia ini memang sudah muncul sejak beberapa tahun lalu, namun ternyata keduluan rilis versi fairingnya. Dan tak menutup kemungkinan beberapa fitur baru yang terdapat pada CBR150R nantinya akan nempel di versi nakednya.

Sebelumnya, sempat tersiar kabar jika CB150R facelift akan mengusung konsep model retro, pakai lampu bulat LED yang memang menjadi trade mark Honda CB series di pasar global yang mengusung konsep Neo Sport Cafe. Namun sayang, kabar terbaru mengenai motor pesaing Yamaha Vixion ini sepertinya akan “gagal retro” dan masih mengusung konsep motor street fighter yang sporty serba tajam seperti CB yang sekarang.

Info ini berdasarkan bocoran dari blogger mas IWB, dalam postingannya (baca sumbernya di : https://www.iwanbanaran.com/2021/03/26/hot-leaked-terbongkar-sosok-new-honda-cb150r-k15p-gileee-makin-kekarrrrr/ ), IWB menyebutkan “ada beberapa poin yang dirubah oleh Honda pada new CB150R. Secara basis desain muka dan buntut mungkin AHM masih berusaha mempertahankan bentuk lama. Jadi shape muka dan stoplamp samar-sama jika tidak salah menerawang masih mirip. Tapi detilnya berubah.” jelasnya.

Jika shape muka dan stoplampnya masih sama maka sepertinya Honda masih akan mengunakan konsep CB150R lama yang memang sesuai selera bikers di Indonesia. Adapun beberapa detail bocoran mengenai CB150R StreetFire facelift yang punya kode produk Honda K15P, adalah sebagai berikut :

1. Shock depan sudah USD dengan ukuran 37mm (terbuka SFF-BP) seperti milik CBR150R K45R
2. Velg menggunakan palang Y dengan model terbaru seperti CBR150R K45R
3. Fender atau spatbor depan berubah. Kini lebih ditarik kebawah menyesuaikan dudukan pada outer USDnya. So…sekilas bentuknya identik dengan CBR150R serta CBR250RR terbaru
4. Melirik kearea konsol speedometer, disinyalir shape speedo masih mirip. Namun crown handle tengah berubah karena menyesuaikan suspensi USD (lubangnya lebih besar)
5. Stang sedikit berubah. Disini entah kenapa IWB ngerasa lebih lebar dibandingkan dengan old gen
6. Dan ini yang membuatnya berbeda karena kini Tanki kini mengadopsi model kondom seperti halnya CBR150R K45R. Feel yang kita dapatkan gambot cak…woww makin kekarrr !!!
7. Shroud berubah, IMHO feelnya jadi terasa lebih kekar
8. Diarea casing buritan sekilas berubah menyesuaikan shape tanki depan yang lebih gambot
9. Untuk engine disinyalir masih tetap sama dengan sekarang so jangan berharap menjadi overbore meninggalkan near square. Cukup dimaklumi karena motor bukan untuk balap-balapan cari top speed namun gimana motor mantap digunakan stop and go
10. Termasuk frame sekilas masih sama tidak banyak berubah
11. Swing arm juga demikian, masih mengandalkan model kotak.

Gimana sudah jelaskah gambarannya? Ya, sepertinya memang Honda melakukan beberapa perubahan dan tambahan fitur pada sosok motor naked 150cc mereka ini, namun masih mempertahankan beberapa detail yang masih sama, seperti mesin, rangka dan konsep desainnya.

Mengapa CB150R Facelift tidak akan mengusung konsep motor Neo Sport Cafe seperti Honda CB series lainnya?
Untuk menjawab hal tersebut tentu hanya AHM yang tahu dan pastinya mereka punya strategi tersendiri. Namun jika bicara opini pribadi sih, AHM tentu tidak main-main dan selalu banyak pertimbangandalam meluncurkan produk baru. Sebelum rilis, biasanya mereka melakukan survei baik kepada jaringan dealer bahkan konsumen mengenai produk apa yang diminati dan diinginkan konsumen, bahkan sampai survei warna motor.

Dan itulah kenapa jika rilis motor baru Honda kebanyakan rilis warna serba Matte, ya karena memang konsumen yang menginginkan dan menciptakan trend tersendiri, Dan jika ditanya kenapa CB150R tidak jadi retro seperti Honda CB150R Streetster di Thailand atau Honda CB125R 2021 di Eropa?

Ada beberapa kemungkinan sih, pertama karena konsumen dominan memang lebih menyukai desain serba tajam dan sporty ala street fighter seperti CB150R Current dibanding model retro. Kemudian karena model motor retro pasarnya segmented, hanya menyasar kaum hobi dan tidak semua konsumen sukai model “jadul”, melihat pesaingnya seperti Yamaha XSR155 dan juga Kawasaki W175 yang kurang moncer penjualannya, CMIWW. Dan yang ketiga kemungkinan akan ada model retro lainnya selain CB150R, itu juga jika Honda sudah melakukan survei lagi dan banyak konsumen yang menginginkan, kalo tidak ada yang kepengen, ngapain dibikin?. Ingat ini hanya opini saja ya, bukan bocoran, hehe…

Dan mengenai kapan motor baru Honda ini akan rilis?
Wah itu sih masih menjadi misteri, tapi jika kita flash back, AHM selalu merilis produk baru di quartal pertama setiap tahunnya, mulai Januari sampai April. Tapi, karena bulan Ramadhan dimulai di bulan April, biasanya jarang ada motor baru yang dirilis AHM di sebelum hari Raya. Apa mungkin pasca Lebaran? Ah itu sih jadi tebak-tebakan, hehe… mending kita tunggu saja deh kejutannya, dan update info terupdate lagi nantinya…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Komen Gratis !