Aprilia SR GT 2022, Skutik Adventure 125cc dan 200cc Yang Mirip Honda ADV ?

Warungasep.net – Di EICMA 2021, Perusahaan raksasa Italia Piaggio merilis produk baru Aprilia SR GT 2022, line up produk baru yang mengisi skutik adventure di kelas entry level. Langkah Aprilia ini cukup mengejutkan karena mengisi segmen yang belum ada sebelumnya, apalagi karena segmen skutik bergaya penjelajah ini baru diisi oleh Honda, tapi yang bikin kaget lagi adalah, kok konsep desainnya dibuat mirip banget dengan Honda ADV ya? Coba lihat penampakannya :

APRILIA SRGT 2022

Wajar saja sih karena Honda ADV memang menjadi salah satu pelopor di segmen skutik adventure terutama di kelas entry. Ya walaupun gak sama plek, tapi pamirsa bisa lihat jika bentuk fisik hingga aura Aprilia SRGT ini memang memiliki kemiripan dengan skutik ADV-nya Honda.

Pertama dari konsep skutik underbone dengan posisi tanki bahan bakar ditengah, adjustable windscreen, lampu sein depan disamping terpisah dan sudah LED, suspensi belakang yang pakai dual shock, belum lagi desain sayap dan bentuk footpeg juga area deknya mirip ADV. Dan yang paling kelihatan adalah desain kaki-kaki… Jangankah model velg Y spoke-nya yang mirip, tapi juga model knalpot dan ukuran ban-nya.

Yupz, SR GT Aprilia ini pakai velg dengan ring yang asimetris, ban belakang pakai velg 13 inch dan depan 14 inch, bahkan patern ban semi dual purpose juga dibuat mirip. Yang beda mungkin ada tambahan mud guard dan tanpa spakbor yang menggantung seperti skutik pada umumnya.

Dan satu lagi yang membuatnya beda dengan ADV150 adalah area moncong depan yang dimana Aprilia punya ciri khas tersendiri yaitu model triple headlight yang terinspirasi dari motor sport Aprilia RS dan Tuono series. Sehingga jika dilihat dari depan lebih tampak sporty dan mogelook.

Untuk fiturnya, Aprilia SR GT 2022 ini bisa dibilang lebih canggih lho dibanding Honda ADV. Ya walaupun panel speedometernya sama-sama model negative Full LCD Digital, tapi motor skutik Italia ini sudah dilengkapi konektifitas bluetooth dengan smartphone via aplikasi Aprilia MIA sehingga bisa menerima panggilan telepon dan juga entertainment seperti memutar musik, dll.

Untuk mesinnya sendiri sepertinya hasil pengembangan baru pabrikan Aprilia, mesinnya beda dengan yang digunakan Aprilia SXR 160 buatan India yang masih pakai air cooled, karena motor ini sudah pakai liquid cooled alias radiator juga sudah punya fitur stop and start system seperti Honda.

Aprilia menawarkan skutik bergaya adventure ini dalam 2 varian, yang pertama Aprilia SR GT 125cc dan Aprilia SR GT 200cc, ya sesuai regulasi dan kelas segmen pasar skutik entry di Eropa tentunya. Untuk versi 125cc memiliki bobot 144 kg dengan spesifikasi mesin 125cc silinder tunggal yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 14,75 hp pada 8.750rpm dan torsi puncak 12Nm pada 6.500rpm. Sedangkan SR GT 200 mesinnya 174cc yang menghasilkan 17,43 hp pada 8.500rpm dan torsi 16,5Nm pada 7.000rpm dan punya bobot yang sedikit lebih berat 148 kg.

Oh ya, dengan kapasitas tangki 9 liter bisa menempuh jarak hingga 350 km. Bagasinya juga cukup besar berukuran 25 liter sehingga muat helm full face, dan pihak Aprilia juga menawarkan paket aksEsories tambahan seperti top box berukuran 33 liter untuk mendukung akomodasi touring. Motor ini juga selain versi standar tersedia juga tipe sport yang lebih sporty dengan kombinasi warna yang lebih menarik.

Terakhir, belum diketahui berapa harga Aprlia SR GT MY 2022 ini untuk pasar Eropa, dan belum ada konfirmasi tentang darimana produk ini berasal, apakah dari Aprilia India atau Aprilia China yang bekerjasama dengan Zongshen? Tapi yang jelas produk baru mereka entah kenapa kok dibuat mirip dengan Honda ADV150, jarang-jarang dong pabrikan Italia ini jadi pengekor atau peniru, hehe… Atau mungkin karena Honda ADV merupakan pembuka segmen dan trend baru sehingga dijadikan acuan dan inspirasi produk baru mereka. Atau mungkin pemirsa punya pendapat lain? Silakan share komentarnya… semoga berguna…

Baca juga yang menarik lainya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : [email protected]
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

Ditulis oleh Warungasep.

1 Comment

Komen Gratis !