Yamaha Tri-Max, Calon Skutik Roda Tiga Baru Bermesin 560cc

Warungasep.net – Gambar diatas adalah sebuah patent calon skutik unik dengan roda tiga, dua di depan dan satu dibelakang. Desain seperti ini tentu selalu identik dengan Yamaha lewat varian Tricity series. Dan memang benar, patent tersebut merupakan calon skutik baru Yamaha yang beberapa bagian mirip dengan moge skutik Yamaha TMax, tapi menggunakan roda tiga. Apakah nantinya akan diberi nama Yamaha Tricity 560, sesuai kubikasi mesin TMax dan jadi varian teratasnya Tricity series? Tapi beberapa media luar sih sudah memberi julukan motor ini dengan nama Yamaha Tri-Max, wuii… keren juga…

Sebelmnya perlu pemirsa ketahui jika Yamaha Tricity series merupakan diversifikasi produk daripada Yamaha Maxi series, sebut saja Yamaha Tricity 125 yang menggunakan basic Xmax 125, lalu Tricity 155 yang juga dijual di Indonesia merupakan Nmax 155 versi roda tiga, dan yang baru ada Yamaha Tricity 300 yang merupakan Xmax versi trike.

Tapi ada yang beda antara Tricity series dengan calon TMax roda tiga ini, yaitu dari sistem kemudi roda depan yang dimana jika Tricity series pakai system yang bernama LMW atau Leaning Multy Wheel, yang juga dipakai oleh Yamaha Niken. naah pada patent TMax roda tiga ini justru pakai system double wishbone ala-ala penggerak roda depan mobil.

Wah, kenapa Yamaha gak pake LMW pada calon Trike yang ini ya?
Apa mungkin ada kekurangan dari sistem tersebut sehingga Yamaha melakukan imrovement? Padahal LMW ini jadi sebuah keunikan atau patent tersendiri punya Yamaha yang tidak dipakai oleh pabrikan lain. Ah tentu Yamaha punya alasan tersndiri untuk itu. Ada juga yang bilang jika Yamaha melakukan pengembangan model seperti ini bersama perusahaan Brudeli Tech dari Norwegia.

Yang menarik selain Double wishbone, rangka maxi skutik baru Yamaha ini menggunakan alumunium alloy baik frame yang menggendong mesin maupun bagian sub frame belakangnya. Oh ya,bagian kaki-kaki termasuk gambar mesin masih identik dengan Yamaha Tmax. Buat yang belum tahu maxi skutik Yamaha ini bisa baca artikelnya di :

Baca : Yamaha TMAX 2020 Jadi 560cc, Nmax Versi “Badag”

Oh ya, produk Yamaha yang pakai sistem kemudi double wishbone ini bukan yang pertama kalinya, sebelumnya Yamaha sudah mengaplikasikannya pada sebuah motor konsep bernama Yamaha MW-Vision dan dipajang di pameran Tokyo Motor Show tahun lalu.

Baca : Yamaha MW-Vision Concept, Motor Listrik Roda 3 Pakai Tenda

Apakah Yamaha Tri-Max ini merupakan calon versi maspro dari MW-Vision? Sepertinya beda, soalnya prototype tersebut menggunakan mesin listrik dan juga pakai penutup bagian atas, mirip becak, hehe…

Ada satu lagi yang sepertinya menarik untuk dibawah, yaitu desain patent yang diduga TMax roda tiga ini sebenarnya pernah muncul pada sebuah gambar siluet dari presentasi media oleh Yamaha Taiwan.

Pict : Jorsindo

Dari gambar diatas pemirsa bisa lihat ada pengelompokan diantaranya motor yang diproduksi masal di pojok kiri atas seperti Tricity series dan Yamaha Niken. Dan dibawahnya ada siluet yang sepertinya kelompok motor listrik Yamaha. Ada siluet, yang sepertinya itu adalah Yamaha alias Nmax versi elektrik, dan di kotak kedua ada siluet motor misterius dibawah sosok MW-Vision, dan sepertinya itu adalah motor roda tiga yang kita bahas di artikel ini. semoga berguna…

 

Baca yang lainnyaa :


Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

1 Trackback / Pingback

  1. Satu Lagi Calon Motor Roda Tiga Yamaha, Pakai Mesin Listrik ? - WARUNGASEP ★★★☆☆

Komen Gratis !