Hasil Motogp Assen 2022, Pecco Juara, Bezzecchi dan Vinales Podium!

Aleix Espargaro vs Fabio Quartararo

Warungasep.net – Motogp Assen 2022 berhasil dimenangkan oleh pembalap Lenovo Ducati asal Italia, Francesco “Pecco” Bagnaia. Pecco yang merupakan anak didik Valentino Rossi ini berhasil finish pertama tak terkejar dari awal hingga akhir. Finish kedua ditempati murid Rossi lainnya yakni Marco Bezzecchi, dan ketiga ditempati pembalap Aprilia Maverick Vinales, Baik Bezzecchi maupun Vinales di balapan GP Belanda ini merupakan podium perdana untuk mereka berdua di musim ini. Tapi bintangnya di balapan ini adalah Aleix Espargaro, sempat terjatuh bersama Fabio Quartararo, namun berhasil melanjutkan balapan dengan menyalip lebih dari 13 pembalap didepannya dan finish di P4. Tapi nasib kurang beruntung menimpa Quartararo dimana 2 kali terjatuh dan akhirnya kehilangan poin.

Marco Bezzecchi dan Pecco Bagnaia

Jalannya balapan, Bagnaia memanfaatkan posisi pole siter untuk ngacir duluan, menggunakan ban depan soft dan belakang hard pembalap Ducati ini menggunakan strategi memimpin sejak awal. Lap kedua saja Bagnaia memimpin dengan gap 0,5 detik dari Aleix Espargaro yang berada di P2 dan Fabio Quartararo di P3, dibelakng mereka ada Martin, Bezzecchi, Miller, Binder, Nakagami, Vinales dan Oliverira.

Lap ke-3, Bezzecchi naik ke- P4 setelah singkirkan Martin. Dan di lap ke-5 terjadi insiden tabrakan ketika Fabio menyalip Aleix di tikungan ke kiri dan terjatuh membawa serta Aleix menjuju gravel, namun keduanya berhasil melanjutkan balapan dan berada di barisan tengah.

Bagnaia masih memimpin hingga lap ke-6, P2 ditempati Bezzecchi, Martin ke-3, diikuti Binder, Vinales yang berhasil menyalip Nakagami dan Miller hingga naik ke P5. wuiih sudah 2 race, Vinales bertarung di 5 besar posisi paling depan, namun di race sebelumnya terkendala masalah pada motor Aprilianya.

Lap 8, Aleix berada di zona poin dan berada di P14 dibelakang Enea dan Rins, Posisi depan masih Pecco, Bezzecchi dan Martin. Morbidelli crash dan memilih pulang ke paddock. Lap 9, Aleix mulai bergerilya, Alex Rins disalipnya dengan mudah… Binder crash, pembalap Yamaha saling berjatuhan..

Lap 10, Fabio Quartarao menyusul rekan setimnya pulang ke paddock dan ganti motor untuk melanjutkan balapan… Di lap yang sama, Vinales naik ke P4 setelah salip Binder. Lap 12, Aprilia RSGP berhasil singkiran Ducati Desmosedici Fabio Di Gia dari posisi 12. Selanjutnya Aleix mengincar posisi 11 dari Enea dan berhasil.

Lap 13, baru beberapa putaran masuk ke lintasan, Fabio Quartararo kembali terjatuh untuk yang kedua kalinya, kali ini DNF dan berjalan ke pinggir lintasan dengan tertatih-tatih. Lap 16, Aleix naik ke P10, pasca Nakagami yang turun posisi karena long lap penalti.  Bahkan di lap ke-17, Aleix naik ke P8 setelah salip 2 pembalap sekaligus dengan mudah, Mir dan Zarco.

Rain Flag berkibar, tanda turun hujan… Vinales naik ke P3 setelah singkirkan Martin. Hingga lap ke-19, belum ada pembalap yang masuk ke paddock untuk swap motor. Aleix berhasil ambil alih P7 dari Oliveira.Martin turun ke P5, Miller mengincar P4 dari Binder, dan berhasil…

3 lap tersisa, Miller berusaha mengejar Vinales, Deja Vu seri kemarin saat Miller vs Aleix, Ducati vs Aprilia beradu power dan handling, sementara Aleix yang berada di P7berhasil memperpendek jarak dari 2 detik menjadi 0,4 detik dengan Martin yang berada di P6 hingga akhirnyua Aleix berhasil naik ke P6 di 2 lap tersisa.

Last lap, Miller berhenti ngejar Vinales, Nyerah? hehe… Dan akhirnya, Francesco Bagnaia berhasil finish pertama, tak terkejar dari awal hingga akhir, emang aneh sih pembalap satu ini, pasti gagal finish kalo gak podium atau juara, hehe…

Tak hanya Pecco, murid Valentino Rossi lainnya pun berhasil podium ialah Marco Bezzechi yang finish kedua dan raih podium perdananya di musim ini, dan ketiga ditempati Maverick Vinales. Dan yang paling seru adalah di last corner dimana Aleix berhasil finish di P4 setelah salip dua pembalap sekaligus, yakni Binder dan Miller, gila sih inih, salah satu balapan paling seru musim ini, hehe… Hasil lengkapnya bisa kalian lihat dibawah ini :

Hasil Race Motogp Assen Belanda 2022

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!