5 Warna Suzuki Saluto di Taiwan, Harganya Cuma Rp 37,5 Jutaan

Warungasep.net – Akhir tahun lalu, Suzuki Taiwan merilis produk baru yang cukup bikin heboh tak hanya di negara asalnya tapi juga di Indonesia. Motor tersebut adalah Suzuki Saluto 125cc, produk baru Suzuki bergenre skutik classic modern dengan tampilan bergaya Eropa banget. Sayangnya, motor yang memiliki desain yang esentrik dan unik tersebut saat ini hanya dijual di Taiwan saja. Apakah nantinya akan dijual di Indonesia? Tentu kita belum tahu, namun di artikel ini saya akan bahas tentang pilihan warna, fitur dan spesifikasi Suzuki Saluto 125 yang cukup fenomenal ini…

Suzuki Saluto ini merupakan diversifikasi produk daripada skutik 125cc yang sudah hadir duluan di Taiwan, sebut saja Suzuki Swish 125 dan juga Suzuki GSR125 . Jika kedua model sebelumnya mengusung konsep skutik sporty, naah Saluto ini konsepnya bergaya stylish dengan desain ala-ala skutik Italia. Makanya tak heran skilas motor ini mirip dengan model Vespa atau Lambreta series.

Lampu depan semi bulat dengan lampu LED, yang semakin mewah dibalut dengan cover chrome, lampu seinnya terlihat begitu simetris dibagian sisi kanan kiri, lengkap dengan DRL yang juga LED. Bagian body belakang, begutu khas dengan lekukan membulat, rear grip atau behel belakang berbentuk pipa melingkar, emblem 3D logo juga spion bulat berlapis chrome yang retro banget dan semakin ciamik dengan jok kulit berwarna coklat.

Fitur dan Spesifikasi Suzuki Saluto

Bagaimana dengan fiturnya?
Saluto 125 ini tak hanya punya lampu serba LED, juga punya panel meter kombinasi analog dan digital, makin kekinian dengan power socket charger, bagasi luas, terdapat saku dibagian depan, dan yang menarik adalah posisi lubang tanki dibagian depan yang memang menjadi ciri khas skutik Taiwan, Dan skutik ini juga menjadi skutik pertama Suzuki yang menggunakan teknologi keyless.

Bicara soal spesifikasi, skutik yang menjadi pesaing Yamaha Latte 125 ini mengusung mesin 124cc 1 silinder berpendingin udara, mengusung teknologi SEP (Suzuki Eco Performance), Sayang untuk power dan torsinya belum diketahui, keterangan lainnya motor ini memiliki bobot yang hanya 114 Kg dan kapasitas tanki yang muat 5,5 iter BB. Untuk lebih detailnya simak dibawah ini :

Pihak Suzuki Taiwan menjual Saluto MY 2020 ini daam 5 pilihan warna diantaranya sbb :

Suzuki Saluto 2020 warna Silver

Suzuki Saluto 2020 warna Milan White

Suzuki Saluto 2020 warna Green

Suzuki Saluto 2020 warna Venice Red

Suzuki Saluto 2020 warna Sicilian Black

Harga Suzuki Saluto 125cc 2020 di Taiwan

Terakhir, menurut info dari forum Suzuki Saluti Taiwan, motor ini sudah dibuka order pertamanya sejak tangal 13 Februari kemari. Dan pihak Suzuki Taiwan membandrol harga Saluto 125cc 2020 ini sekitar Rp 37,5 jutaan atau lebih tepatnya 78.000 TWD. wow mahal juga ya, hehe…

Fenomena Suzuki Saluto di Indonesia

Suzuki Saluto ini tak hanya heboh di Taiwan, tapi juga di Indonesia. Netizen tanah air begitu antusias dan kepincut dengan motor Suzuki paling anyar ini. Kehebohan seperti ini juga sempat terjadi saat Suzuki merilis Swish 125 beberapa tahun lalu. Saya pribadi melihat ini sebagai fenomena tersendiri.

Fenomena dimana Netizen begitu rindu dengan motor baru Suzuki, karena seperti yang kita tahu jika di negara kita, Suzuki Indonesia selama 2 tahun terkahir belum merilis lagi produk baru. Terakhir hanya Suzuki Nex II yang notabene-nya skutik entrylevel dan facelift dari produk yang sudah ada juga Suzuki GSX150 Bandit yang merupakan diversifikasi GSX series. Sedangkan konsumen kita menginginkan produk yang lebih valuable dan secara desain dan fitur bisa lebih sesuai trend kekinian dan bisa kompetitif dengan brand lainnya.

Naah, Saluto ini hadir dengan segala sesuatunya sangat sesuai dengan keinginan dan selera konsumen di Indonesia, baik secara konsep, fitur dan desainnya. Tapi saya juga melihat ini dikarenakan jika konsumen begitu rindu dengan Desain Suzuki yang keluar pakem. Biasanya Suzuki itu punya desain yang khas, cenderung nyeleneh dan serba ketinggalan alias kuno. Dan Saluto ini ternyata berbeda, penyebabnya karena desainer Saluto ini ternyata bukan orang Jepang yang biasanya mendesain motor Suzuki, melainkan orang lain, lebih tepatnya orang Eropa.

Alessandro Tartarini

Yupz, namanya adalah Alessandro Tartarini… Pria Italia dibalik artistiknya desain Saluto. Pria ini juga menjadi tangan dingin dibalik desain motor-motor Italia seperti Italjet Dragster, Mondial dan juga skutik classic Lambretta V125, dan masih banyak lagi… Hmmm, pantas saja desain Saluto ini kok ada Citarasa Lambretta-nya, terutama dibagian body belakang. hehe… Meskipun gak original Suzuki, tapi rasanya selama itu membuat tampilannya lebih baik(dari desain motor-motor Suzuki pada umumnya), ya sah-sah saja… Karena mungkin itulah yang dibutuhkan Suzuki saat ini, desainer baru!!!

Pertanyaan selanjutnya, adakah kemungkinan Suzuki Saluto ini dipasarkan di Indonesia?
Saya sangat pesimis akan hal itu. Ada beberapa alasan, pertama karena faktor harga. Bayangkan saja, harga di Taiwan harga motor ini sudah lebih mahal dari GSX series, bahkan yang tipe ABS. Jikalau nanti masuk ke Indonesia secara Impor baik CBU maupun CKD, tentu harganya juga gak bisa lebih murah. Terkecuali jika memasukannya kedalam kelas Premium Bike seperti langkah Honda yang memasukan Honda SH150i dan juga Yamaha dengan Grand Filano-nya ke Indonesia.

Kedua karena motor ini sepertinya gak dijual secara impor. Saya coba telusuri beberapa website Suzuki di berbagai negara sepertinya tidak ada produk yang berasal dari Suzuki Taiwan yang dijual keluar negeri apalagi ke Asia Tenggara seperti Indonesia, hanya dijual secara domestik di negara tersebut saja, terkecuali di negara Jepang. Salah satu contoh produk Suzuki Swish. Hanya ada di website Suzuki Taiwan dan juga Jepang. Bahkan di situs Suzuki China atau Vietnam yang notabene-nya negara tetangga terdekat mereka pun tidak ada. Begitu juga dengan produk Yamaha Taiwan, seperti Yamaha Cygnus-X seakan menjadi produk JDM atau Japan Domestic Market yang sebenarnya diproduksi di negara Taiwan. Pernah lihat Yamaha S-Max Facelift atau Yamaha Force 155 di negara lain selain di Taiwan? Terkecuali mungkin jika dijual lewat Importir Umum, bukan lewat ATPM resmi. CMIIW ya.

Baca juga : Suzuki Music 125cc, Ini Bukan Alat Music Tapi Motor Skutik

Terkecuali mungkin jika Suzuki memproduksi motor yang sama dengan Saluto tapi dengan kearifan desain lokal, pakai mesin 110cc punya Suzuki Nex II, Tambahin fitur-fitur gimmick seperti power socket charger, dll pasti bakalan menarik. Tinggal positioning harga yang bisa kompetitif dengan lawan sekelasnya seperti Scoopy dan Fino dan yang penting adalah desain. Please, Suzuki harus ganti desainer yang lama, dan ganti yang baru!!! Itu saja sih opini saya, hehe… Kalo menurut pemirsa bijimana? Monggo share komentarnya…

Baca juga : Suzuki e-Ready 2019, Motor Listrik Pertama Suzuki Rilis di Taiwan… Harganya

Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

7 Comments
  1. iian Reply
  2. Durrant Reply
    • warungasep Reply
  3. agus Reply
  4. Bhendjol Reply

Komen Gratis !